Tokoh Pendiri Asean Yang Berasal Dari Singapura


Siapa tokoh pendiri Asean yang berasal dari Singapura? Asean atau yang juga dikenal dengan sebutan perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara adalah perhimpunan bagi negara-negara yang ada di wilayah Asia tenggara.

Pada saat awal didirikan, anggota Asean hanya lima negara namun kemudian seiring berjalannya waktu, anggota asean saat ini sudah mencapai angka 10 negara. Lima negara pendiri Asean salah satunya adalah Singapura.

Lima negara pendiri Asean adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina dan Thailand. Sekarang, anggota Asean sudah sepuluh negara meliputi lima negara pendiri dan ditambah dengan lima negara yang lain yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Myanmar, Laos, dan juga Vietnam.

Tokoh pendiri Asean dari Indonesia yaitu Adam Malik, dari Filipina yaitu Narsisco ramos, dari Malaysia yaitu Tun Abdul Razak, dari Singapura yaitu S Rajaratnam, dan dari Thailand adalah Thanat Khiman.

Pendirian Asean terjadi di Bangkok pada tanggal 8 Agustus tahun 1967 dengan ditandatanganinya Deklasari Bangkok oleh kelima pendiri Asean tersebut yang merupakan kesepakatan antara bangsa. Semuanya adalah untuk mencapai tujuan bersama yaitu kebaikan untuk semua negara pendiri yang ada di kawasan Asia Tenggara.

Tokoh pendiri Asean dari Singapura adalah S Rajaratnam. Nama lengkapnya adalah Sinnathamby Rajaratnam. Di dilahirkan di Jaffna, negara Srilanka pada 25 Februari tahun 1915.

Dan ia meninggal pada usia 90 tahun yaitu tepatnya pada 22 Februari tahun 2006. Iapun menjalani masa hidupnya sebagai seorag politikus Singapura.

Awalnya, ia bekerja sebagai seorang jurnalis di majalah the Straits Times pada jaman tahun 1950-an. Kemudian ia beralih profesi menjadis eorang politikus dan bergabung dengan salah satu partai yang ada yaitu partai Aksi Rakyat.

Kemudian, ia pun dapat memegang beberapa posisi yang strategis di dalam pemerintahan yaitu misalnya adalah menteri Kebudayaan, Menteri Luar Negeri, Menteri Perindustrian, wakil Perdana Menteri, Menteri Senior.

Dan langkah politik yang paling dikenal dunia dari dirinya adalah keberadaannya sebagai pendiri Asean yang kemudian membuatnya dikenal sebagai tokoh pendiri Asean yang berasal dari Singapura atau bapak pendiri Asean.

Selanjutnya : Peninggalan Zaman Paleolitikum
Sebelumnya: Puisi Tentang Aku Chairil Anwar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar