Nama Tokoh Penyebar Agama Islam di Indonesia


Proses Islamisasi di negeri ini tidak terlepas dari peranan tokoh penyebar agam Islam di Indonesia. Sebagian besar upaya Islamisasi dilakukan oleh kaum yang berasal dari golongan ulama. Apalagi untuk wilayah Pulau Jawa, ulama-ulama ini tergabung dalam sembilan wali yang disebut wali songo. Sembilan wali menyebarkan agama Islam di Indonesia teresebut antara lain adalah:

Maulana Malik Ibrahim

Maulana Malik Ibrahim disebut juga dengan nama Sunan Gresik dan Syeikh Maghribi. Sejarah mencatat bahwa tugasnya sebagai seorang wali ialah menyebarkan agama Islam di daerah Jawa Timur. Semasa hidupnya, Sunan Gresik mendirikan pondok/padepokan untuk mengembangkan ajaran agama Islam pada masyarakat.

Raden Rahmat

Raden Rahmat dikenal sebagai Sunan Ampel yang bertugas menyebarkan agam Islam di Surabaya. Ia termasuk golongan bangsawan karena masih bagian dari keluarga Majapahit. Oleh karena itu Sunan Ampel termasuk orang kepercayaan di lingkungan kerajaan.

Maulana Makdum Ibrahim

Dikenal juga dengan nama Sunan Bonang. Sunan Bonan merupakan anak dari Sunan Ampel.  Ia bertugas menyebarkan Islam di wilayah Bonang (Tuban).

Syarifudin

Syarifudin juga merupakan putra Sunan Ampel. Nama lainnya adalah Sunan Drajat. Semasa hidupnya, Sunan Drajat mendirikan pesantren untuk rakyat yang ingin mendalami ilmu agam Islam.

Raden Paku

Raden Paku dikenal dengan nama Sunan Giri. Ia adalah murid Sunan Ampel. Semasa hidupnya Sunan Giri menyebarkan agama Islam di wilayah Giri Kedaton.

Syeikh Ja’far

Syeikh Ja’far atau disebut juga Sunan Kudus. Sesuai julukannya, ia menyebarkan agama Islam di daerah Kudus, Jawa Tengah. Sunan Kudus juga tercatat sebagai panglima perang Kesultanan Demak. Sehingga ia sangat diandalkan di lingkungan kesultanan.

Raden Mas Syahid

Raden Mas Syahid atau disebut juga Sunan Kalijaga adalah murid sunan Bonang. Semasa hidupnya ia menyebarkan agama Islam di daerah Demak. Ia memanfaatkan kesenian-kesenian di Jawa sebagai sarananya berdakwah.

Raden Umar Sayid

Raden Umar Syaid adalah putra dari Sunan Kalijaga yang memiliki julukan sebagai Sunan Muria. Ia bertugas menyebarkan Islam di wilayah Gunung Muria.

Syarif Hidayatullah

Syarif Hidayatullah dikenal juga dengan nama Sunan Gunung Jati. Semasa hidupnya ia banyak berdakwah di daerah Cirebon dan Banten.

Itulah nama tokoh penyebar agama Islam di Indonesia. Semoga dapat dijadikan tambahan ilmu yang bermanfaat.

Selanjutnya : Proses Penyerbukan Bunga Mangga Secara Alami dan Buatan
Sebelumnya: Apa Perbedaan Jaringan Epitel dan Kelenjar Susu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar