Foto Tokoh Perumus Pancasila


Sejarah merupakan bagian terpenting dari suatu bangsa. Dengan sejarah kita semua dapat melihat berbagai potret masa lalu yang terus abadi sampai saat ini.Sejarah juga tak luput dari perjuangan para pahlawan demi bangsa dan negara, seperti tokoh perumus Pancasila yang namanya semakin lekang tergerus zaman.

Negara yang kuat pastinya memiliki pondasi dan akar yang kuat, agar negara tersebut bertahan dan mampu memakmurkan seluruh warganya.Salah satunya haruslah memiliki dasar negara sebagai pondasi. Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia yang harus dipertahankan.

Siapakah Mereka?

Sangat disesalkan sekali, sejauh ini banyak masyarakat yang belum mengenal siapa saja perumus Pancasila tersebut, bahkan fotonya saja tak ada yang mengenalinya.

juga banyak yang melupakan sejarah perumusan Pancasila karena saat ini kurangnya sosialisasi sejarah perumusan Pancasila itu sendiri.

Padahal semasa perumusan tersebut mengandung banyak nilai-nilai yang positif. Seperti mengungkap makna tentang kebersamaan, saling menghormati, saling menghargai, menyatukan pendapat untuk kepentingan bersama dan nilai inilah yang nantinya akan menjadi warisan yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pernakah Anda mendengar tentang, Ir Soekarno, Drs Muhammad Hatta, Mr Supomo, ketiga orang tersebut adalah pemilik ide akan merumuskan Pancasila.

Dan ternyata mereka dengan tulus dan meluangkan waktunya untuk merumuskan Pancasila demi kelangsungan negara agar kuat dan semakin kokoh. Mereka adalah sosok yang patut diteladani.

Urgensi Foto

Dengan persidangan yang memiliki 9 panitia kecil ini, akhirnya pada tanggal 01 juni 1945dikenal sebagai hari lahirnya Pancasila.

Karena pada tanggal tersebut Soekarno menyampaikan 5 rumusan Pancasila . yang kemudian Pancasila juga dijadikan alat pemersatu bangsa yang beraneka ragam.

Tak ada salahnya jika foto tokoh perumus Pancasila itu dipajang di sekolah-sekolah atau kantor pemerintahan. Tentu saja agar banyak para siswa dan pegawai mengetahui siapa saja tokoh yang berperan dalam merumuskan Pancasila.

Bukankah itu bagian sejarah yang harus tetap dilestarikan. Dan juga dalam upaya memperkenalkan tokoh tersebut, karena selama ini foto mereka tak banyak ditemui. Seperti pepatah tak kenal makanya tak sayang.

Selanjutnya : Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membaca Cerpen
Sebelumnya: Penderita Gejala Typhus Boleh Minum Susu Beruang untuk Pengobatan?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar