Tokoh Sastrawan Indonesia dan Dunia

Tanpa kehadiran tokoh sastrawan Indonesia dan dunia ini, mustahil bagi kita dapat membaca karya-karya tulis berupa karangan prosa seperti puisi, cerita pendek, dan novel. Di tangan para sastrawan ini sebuah tulisan menajdi indah dan enak untuk di baca. Oleh sebab itu, nama mereka sangat tidak patut diabaikan apalagi sampai terlupakan begitu saja.

Siapa saja tokoh-tokoh yang berdedikasi penuh di dunia sastra, baik di Indonesia maupun di dunia. Berikut beberapa diantaranya:

•    W.S Rendra

WS Rendra atau bernama panjang Willibrodus Surendra Bawana Rendra adalah sastrawan kelahiran kota Solo, Jawa Tengah, pada tanggal 7 November 1935. Karirnya bermula dari syair-syair yang ditulisnya dan kemudian dibacakannya di pertunjukan-pertunjukan seni.

Karena syair karangannya selalu mendapat pujian banyak orang, maka namanya pun semakin dikenal massa. Hingga akhirnya W.S Rendra memiliki julukan si ‘Burung Merak’.

Tanpa surut, W.S Rendra terus mengibarkan sayap di bidang sastra dengan menghasilkan banyak karya yang sampai saat ini melekat di ingatan para pecinta sastra. Diantaranya adalah kumpulan sajak Balada Orang-Orang Tercinta dan Kumpulan Sajak Bues Untuk Bonnie.

•    Taufik Ismail

Namanya dikenal melalui puisi-puisi yang dikarang Taufik Ismail. Beberapa diantaranya justru dijadikan lagu oleh group vokel Bimbo. Tidak hanya Bimbo, Taufik Ismail pun dipercaya membuat lirik untuk lagu yang akan dinyanyikan Chrisye. Beberapa hasil karyanya seperti Tirani, Benteng, dan  Buku Tamu Musium Perjuangan.

•    Victor Hugo

Sastrawan asal Perancis ini dilahirkan pada 26 Februari 1802. Selain terkenal sebagai seorang sastrawan, kehidupannya terbilang makmur karena memang Ayahnya sempat menjabat sebagai seorang gubernur.

Bakat Victor Hugo mulai terlihat sejak saat ia masih berusia 15 tahun. Saat itu, Victor Hugo mulai menulis beberapa puisi. Hebatnya, puisi karangannya berhasil mendapat penghargaan dari Academia des jeux de Toulouse.

•    Leo Tolstoy

Berangkat hidup dari kemiskinan memaksa Leo Tolstoy berpikir lebih dewasa. Sehingga ia lebih bisa memakna hidup. Karena kesulitan-kesulitan hidup saat ditinggal mati oleh kedua orang tuanya, Leo Tolstoy menuangkan perasaannya dalam sebuah tulisan.

Tulisannya tersebut sempat dibaca banyak orang dan ditentang oleh Pemerintah setempat. Namun tidak berlangsung lama, karir Leo Tolstoy semakin meroket hingga namanyapun dikenal sebagai salah satu sastrawan dunia.

Demikian ulasan singkat tokoh sastrawan Indonesia dan dunia. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Makna dan Daftar Nama Bayi Perempuan Suku Dayak
Sebelumnya: Daftar Nama Atlet Renang Indonesia Dan Prestasi Yang Berhasil Diraih
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar