Tokoh Sastrawan Terkenal di Dunia


Sastra adalah ungkapan dari segala ekspresi dan pemikiran manusia melalui bahasa sebagai medianya yang diperindah. Penggunaan dan pemilihan diksi yang tepat dalam kata-katanya menjadikan sastra tidak lepas dari ke-khas-annya yang dapat melahirkan suatu karya yang mempunyai nilai estetik dan bermakna, sehingga lahirlah para sastrawan terkenal di dunia.

Tidak diketahui pasti kapan sastra itu ada. Bukti sastra zaman dulu adalah ditemukannya beberapa peninggalan yang berupa tulisan-tulisan kuno pada bebatuan, gua, ataupun situs-situs sejarah.

Karya sastra terdiri dari karya sastra yang bersifat imajinatif dan non-imajinatif. Ciri dari karya sastra yang imajinatif, yaitu lebih cenderung memperlihatkan sifat khayali, memakai bahasa konotatif, serta memenuhi ketentuan atau syarat-syarat estetika seni. Sementara, ciri dari karya sastra non-imajinatif adalah lebih didominasi unsur faktualnya dibandingkan khayalinya, lebih sering memakai bahasa denotatif, serta tetap memenuhi persyaratan estetika seni.

Bentuk-bentuk karya sastra terdiri dari

1. puisi, yang terbagi menjadi puisi lama dan puisi baru,
2. prosa, yang terdiri dari prosa lama (hikayat, cerita-cerita panji, cerita berbingkai, tambo, dan dongeng), prosa baru, yang dibagi lagi menjadi prosa fiksi (roman, novel, dan cerpen) dan prosa non-fiksi (biografi, kritik, dan esai); dan
3. drama.

Semua yang menciptakan dan menghasilkan karya-karya itu tersebut di atas disebut dengan sastrawan. Oleh karena itu, penyair, penulis, pujangga, serta profesi yang terkait di dalamnya dapat dikelompokkan sebagai sastrawan.

Sastrawan yang terkenal di dunia adalah J. K Rowling, yang terkenal dengan karyanya yang mendunia, yaitu Harry Potter;  Enid Blyton, dengan karyanya yang terkenal adalah serial Empat Sekawan yang menjadi ikon petualangan zaman dahulu; Sir Arthur Ignatius Conan Doyle, serial detektifnya mampu menggambarkan eksotisme Kota London dengan cara berbeda; Stephen King, yang merupakan penulis thriller yang membuat jantung Anda berdetak kencang saat membolak-balik halaman demi halaman bukunya; J.R.R. Tolkien, nama yang cukup asing dengan karyanya yang difilmkan berjudul The Lord of The Ring; Stephanie Meyer, yang menarik perhatian dunia dengan karya serinya The Twilight Saga; dan Agatha Christie, penulis bergenre detektif, misteri, dan berdarah yang sampai saat ini, penulis bergenre sama pun menjadikan karyanya sebagai bacaan wajib.

Selain sastrawan yang terkenal di dunia, di negeri sendiri juga memilik banyak sastrawan Indonesia yang terkenal, seperti, Chairil Anwar, Pramoedya Ananta, Abdoel Moeis, Taufik Ismail, W.S Rendra, Goenawan Muhamad, Sitor Situmorang, dll.

Selanjutnya : Apa Saja Bekal Disaat Mau Umrah?
Sebelumnya: Hal-hal Misterius tentang Segitiga Bermuda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar