Tokoh Seni Rupa Paling Terkenal Di Dunia


Seni memang selalu memunculkan tokoh terkenal. Termasuk seni rupa yang terus berkembang, mengikuti kemajuan jaman. Misalnya Michaelangelo Buonarroti yang namanya mengandung arti Malaikat Mikail.

Dia lahir pada 6 Maret 1475 dan meninggal pada 18 Februari 1564. Selain jadi pelukis dia juga punya keahlian lain seperti membuat pahatan dan patung. Selain itu dia merupakan arsitek pada jaman Renaissance. Karya terbaiknya antara lain yaitu patung Pieta, David dan Fresko yang ada di bangunan Sistine’s Chapel.

Leonardo Da Vinci merupakan tokoh terkenal juga dan berasal dari Italia tapi meninggal dunia di negara Prancis pada 2 Mei 1519 pada usia 67 tahun. Dua karya lukisnya yang paling terkenal sekaligus fenomenal yaitu berjudul Monalisa dan Jamuan Terakhir. Selain membuat karya lukis dia juga bisa menjadi penulis, arsitek maupun pembuat patung. Bahkan sampai sekarang idenya masih dipakai sebagai bahan referensi untuk menciptakan alat modern.

Tokoh seniman lain yang tidak kalah terkenalnya adalah Pablo Ruiz Picasso. Dia lahir pada 25 Oktober 1881 dan meninggal pada 8 April 1973 setelah usianya mencapai 91 tahun. Dia adalah seniman beraliran kubisme dan menjadi pelukis paling revolusioner pada abad XX. Tokoh yang satu ini tidak pintar membuat patung saja, namun juga bisa mendesain baju untuk penari balet dan menciptakan tata panggung.

Kemudian ada lagi J.M.W Turner yang lahir pada tahun 1775 dan meninggal pada tahun 1851. Dia merupakan seorang pelukis dan senang mengambil obyek pemandangan yang romantis. Hal ini tidak mengherankan karena dia penganut aliran romantis impresionisme. Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh seniman ini adalah sering membuat lukisan minyak dan cat air.

Aguste Rodin yang lahir pada 1840 dan meninggal pada 1917 merupakan seniman terkenal yang berasal dari Prancis. Keahlian utamanya adalah membuat patung dan dianggap sebagai pelopor pembuatan patung bergaya modern. Bakatnya sudah terlihat sejak kecil sebab pada masa tersebut dia suka bermain dengan lumpur dan dijadikan patung.

Tokoh seni rupa modern lainnya yaitu Clande Monet yang lahir pada tahun 1840 dan meninggal pada tahun 1926. Dia terkenal dengan karyanya yang berupa gambar karikatur. Setelah bergelut dengan seni disepanjang hidupnya, pada usianya yang ke-86 tahun dia meninggal setelah terkena penyakit katarak.

Selanjutnya : Cara Menguruskan Badan dalam 2 Minggu
Sebelumnya: Menaikkan Harga bukan Cara Mengatasi Inflasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar