Tokoh-Tokoh Ilmuwan Dunia yang Terlupakan


Berbagai alat temuan yang sekarang kita nikmati adalah berkat jasa dari tokoh-tokoh ilmuwan dunia terdahulu. Misalnya saja lampu pijar yang ditemukan oleh Thomas Alfa Edison, pesawat telepon yag ditemukan oleh Alexander Graham Bell, pesawat terbang oleh Wright Bersaudara, dan sebagainya.

Selain penemu berbagai alat, ada juga ilmuwan penemu teori-teori seperti Einstein, Issac Newton, Archimedes, dan lainnya. Mereka adalah ilmuwan-ilmuan yang dikenal dunia. Namun, ternyata ada juga ilmuwan-ilmuwan yang tidak dikenal bahkan terlupakan. Berikut beberapa ilmuwan hebat yang terlupakan dunia.

Josher Lister

Josher Lister adalah seorang dokter bedah yang menggunakan asam untuk mengatasi infeksi setelah dilakukan amputasi terhadap pasien. Infeksi luka setelah amputasi ini menewaskan sekitar 50% dari kasus amputasi yang ada. Selain itu, ia juga memaksa semua dokter bedah untuk mencuci dulu tangan dan peralatan medis dengan asam karbol sebelum melakukan pembedahan. Ia dianggap sebagai bapak antiseptik. Setelah penemuannya ini, ada banyak nyawa yang dapat diselamatkan.

John Bardeen

John Bardeen adalah seorang insinyur listrik. Ia pernah memenangkan nobel sebanyak dua kali. Tahun 1965, John Bardeen dan rekannya mengembangkan transistor listrik yang memungkinkan digunakannya MRI serta CAT dalam dunia kedokteran. Meskipun jasanya sangat besar, tapi dunia belum begitu mengenalnya. Hanya komunitas ilmiah saja yang tahu tentang ilmuwan yang satu ini.

Karl Landsteiner

Karl Landsteiner adalah seorang dokter dari Australia. Ia menemukan penemuan tentang akibat yang ditimbulkan jika terjadi kesalahan dalam transfusi darah, serta menunjukkan sifat jenis darah yang akan turun-temurun. Ia juga memberikan sumbangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan imunologi, anatomi serta histologi.

James Clerk Maxwell

James Clerk Maxwell adalah seorang bapa fisika modern. Ia merupakan tokoh yang memiliki pengaruh dalam bidang termodinamika, tenaga nuklir, listrik, fotografi, dan sebagainya. Ia menemukan spektrum elektromagnetik yang sangat berpengaruh pada perkembangan radio, gelombang mikro, televise, infrared, dan sebagainya. Selain itu, ia juga menemukan foto berwarna yang pertama kali.

Itulah beberapa tokoh-tokoh ilmuwan dunia yang terlupakan, bahkan tidak dikenal dunia. Sebenarnya masih banyak ilmuwan-ilmuwan lain yang tidak dikenal dunia. Semoga sedikit informasi ini dapat menambah wawasan kita terhadap ilmuwan yang berjasa atas berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Selanjutnya : Tujuan Latihan Usaha Kecil
Sebelumnya: Mencari Toko Komputer Paling Murah di Solo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar