Tokoh Tokoh Inspiratif Dunia


Banyak tokoh dunia yang menjadi inspirasi. Di antara tokoh-tokoh inspiratif dunia itu, terselip sebuah nama seorang tokoh yang terkenal dengan karyanya di bidang sejarah, sosiologi, politik, dan ekonomi.

Tokoh Inspirasi Ibnu Khaldun

Nama aslinya, Waliuddin Abdurrahman bin Muhammad, namun masyarakat dunia mengenalnya dengan nama Ibnu Khaldun. Beliau lahir di wilayah Tunisia, tepat pada tanggal 1 Ramadhan 732 Hijriyah atau bertepatan pada 27 Mei 1332.

Ibnu Khaldun sudah menghafalkan Al-Qur’an sejak usia dini. Gagasan dan ide dalam bidang ekonomi yang logis dan realistis sudah diungkapkannya sebelum Adam Smith terlahir di dunia (1723) ataupun David Ricardo pada tahun 1772. Saat memasuki usia remaja, Ibnu Khaldun sudah menuliskan sejumlah karya dan dibaca oleh banyak orang di penjuru negeri Islam dan luar negeri.

Pemikiran dan ide Ibnu Khaldun lahir dari studi yang mendalam tentang masyarakat dan ilmu pengetahuannya yang sangat luas. Ibnu Khaldun berada di tengah-tengah masyarakat dan melakukan pengembaraan ke banyak tempat. Dari model kehidupannya tersebut, ia mampu mengerti tentang realitas sesungguhnya dalam masyarakat, sehingga mampu memunculkan ide untuk menyejahterakan orang-orang yang hidup di masanya.

Ibnu Khaldun pernah menjabat sebagai guru besar Universitas Al-Azhar yang didirikan oleh dinasti Fathimiyyah. Dari situlah ia menghasilkan banyak karya yang mengagumkan hingga sekarang ini. Bila kita simpulkan, ada tiga masa yang harus dilihat dari perjalanan hidup Ibnu Khaldun. Yakni, periode pertama diisinya dengan belajar Al-Qur’an, hadis, tauhid, usul fikih, fikih dari madzhab Maliki, ilmu balaghah, fisika, serta matematika.

Semua bidang keilmuan yang dipelajarinya berhasil dikuasai dengan hasil memuaskan. Sayangnya, studi Ibnu Khaldun terhenti sewaktu penyakit pes menyerang benua Afrika di tahun 745 Hijriyah. Bapaknya serta para guru banyak yang meninggal akibat wabah penyakit pes itu. Kemudian, ia hijrah ke Maroko.

Di sinilah periode kehidupan kedua dari Ibnu Khaldun, ia memasuki dunia politik dan peradilan. Sempat menduduki jabatan sebagai Qadhi Qudhat, tetapi akibat fitnah dari lawan politiknya ia kemudian dimasukkan penjara.

Periode ketiga ditandai dengan keluarnya Ibnu Khaldun dari kurungan penjara, setelah itu ia berkonsentrasi dalam bidang penulisan dan penelitian. Karya-karyanya kemudian banyak dipelajari oleh para ilmuwan dari berbagai bangsa.

Sekian sejarah tentang tokoh tokoh inspiratif dunia, khusus menceritakan perjalanan hidup Ibnu Khaldun. Betapapun sempitnya hidup yang kita hadapi, di situ pasti ada kemudahan dan kemenangan yang dijanjikan oleh Allah.

Selanjutnya : Mengenal Kehidupan Suku Indian Apache
Sebelumnya: Perkembangan Bahan yang Digunakan pada Pakaian Adat Suku Dayak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar