Mengenal Tokoh-tokoh Pelopor Berdirinya Asean


Tokoh-tokoh pelopor berdirinya Asean. Berikut adalah beberapa nama yang telah berjasa dalam berdirinya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau sering dikenal dengan ASEAN. Tokoh tersebut yang banyak disebut-sebut di antaranya adalah Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razaq (Malaysia), Rajaratnam (Singapura), Thanat Khoman (Thailand), Narsisco Ramos (Filipina).

Sejarah Singkat Asean

ASEAN atau Association Of South East Asia Nation, didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. Dipelopori oleh lima menteri luar negeri yang telah disebutkan di atas. Kelima tokoh pelopor di atas kemudian membuat sebuah perjanjian dan ditandatangi dengan nama “Deklarasi Bangkok”.

Beberapa tahun setelah ditandatangi deklarasi itu, bergabunglah beberapa negara Asia lainnya, seperti pada 7 januari 1984, bergabunglah Brunei Darussalam, kemudian disusul dengan Vietnam pada 28 Juli 1995, Myanmar dan Laos pada 23 Juli 1997, dan Kamboja pada 16 Desember 1998.

Asean dibentuk dengan prinsip menghormati kemerdekaan, integritas, kesamaan, dan identitas nasional semua negara. Setiap negara berhak menyelesaikan persoalannya tanpa ada cam[pur tangan dari luar negeri, menyelesaikan permasalahan yang terjadi antar negara dengan aman, menolak adanya penggunaan kekuatan dan kekerasan, meningkatkan kerjasama antar negara dengan efektif.

Setelah dibentuk kerjasama berdirinya Asean dan semua setuju dengan visi dan misinya, maka dibentuklah logo, yang memiliki arti sebagai berikut: dalam logo tersebut terdapat empat warna, yaitu biru (melambangkan keamanan dan kestabilan), merah (semangat dan dinamisme), putih (ketulenan), dan kuning (melambangkan kemakmuran). Dari keseluruhannya itu dapat diartikan logo tersebut melambangkan kestabilan, keamanan, bersatu, dan dinamis.

Asean semakin berkembang. Hal itu ditandai dengan dibentuknya Piagam Asean sebagai bukti kerja sama dan pengikat antar negara Asean, sehingga segala keputusan dan hal-hal yang berkaitan dengan negara-negara Asean dapat dipatuhi dan dilaksakan oleh semua anggotanya. Hal tersebut tentu saja akan lebih mempermudah kerja sama antar negara Asean.

Berkat Tokoh-tokoh pelopor berdirinya Asean, kini Asean semakin berkembang, ditunjang lagi dengan adanya Piagam Asean. Semoga dengan adanya Asean ini, negara-negara Asean semakin erat kerja samanya. Bisa saling membantu satu sama lainnya dan hidup rukun bernegara.

Selanjutnya : Boneka Barbie yang Lucu dan Menggemaskan
Sebelumnya: Beragam Blackberry Indosat Bisnis
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar