Tokoh-tokoh Pendidikan dan Pembangunan Ekonomi di Dunia


Tokoh-tokoh pendidikan dan pembangunan ekonomi yang terkenal di dunia pada awalnya merupakan para peneliti yang memiliki kecintaan pada bidang masing-masing. Dalam penelitiannya, tokoh-tokoh tersebut menemukan teori-teori yang bermanfaat dan bahkan masih diaplikasikan hingga saat ini. Berikut adalah tokoh dan teori-teorinya.

Tokoh Pendidikan Dunia

1. Al-Ghazali

Sejak kecil, Al-Ghazali dikenal sebagai seseorang yang memiliki kecintaan akan belajar. Ia gigih mencari ilmu dari sejumlah guru di tempat tinggalnya. Sampai akhirnya, Al-Ghazali berhasil menjadi satu dari tokoh-tokoh pendidikan dan pembangunan di dunia dengan membawa konsep pendidikan dan pengajaran secara menyeluruh yang meliputi tujuan yang terperinci, metode, etika, dan kurikulum.

2. John Locke

John Locke, seorang ilmuwan lulusan Universitas Oxford, menegaskan bahwa kurikulum tidak boleh diterapkan dengan basis hukuman atau ancaman pendidikan yang sewenang-wenang, melainkan harus berfokus pada pengarahan kecerdasan individual dan kemampuan menguasai ilmu pengetahuan.

3. John Dewey

Dewey adalah pelopor diterapkannya metode pendidikan dan pengajaran modern yang mengedepankan kreativitas dan partisipasi siswa dalam memperoleh pengetahuan. Berkat teorinya, ada banyak sekolah dan tempat pendidikan yang meninggalkan metode pendidikan tradisional yang hanya mengandalkan kemampuan menghafal dan mendengar.

4. Ibnu Sina

Menurut teorinya, tujuan pendidikan harus dirumuskan berdasarkan berbagai potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik, seperti potensi perkembangan fisik, budi pekerti, dan intelektual. Konsep pendidikan ala Ibnu Sina juga berfokus pada tujuan mempersiapkan peserta didik untuk hidup dan bermanfaat di kehidupan masyarakat.

Tokoh Pembangunan Ekonomi

1. Adam Smith

Selain terkenal sebagai satu dari tokoh pendidikan dan pembangunan ekonomi, Adam Smith juga dikenal sebagai sosok individualistis yang berkeinginan untuk menciptakan tatanan dan kemajuan ekonomi. Hal tersebut ia ungkapkan dalam bukunya “The Wealth of Nation” bahwa setiap individu harus dapat mengejar kepentingan pribadinya masing-masing demi terciptanya kemajuan manusia dan tatanan sosial yang terpadu.

2. Hernando De Soto

Soto adalah pelopor terbentuknya lembaga ekonomi yang bekerja secara sistematis dalam mengelola inventaris dan kekayaan negara. Dalam bukunya, “The Mistery of Capital”, ia mengungkapkan bahwa pada dasarnya setiap negara memiliki kekayaan yang sangat banyak, namun semuanya bukan berarti tak terhitung.

Oleh karena itu, suatu negara perlu membuat sistem hukum yang mengatur dan mencatat segala kekayaan negara secara jelas dan terperinci. Dengan pengelolaan yang terpantau dan terlaksana dengan baik, jujur, dan bertangggung jawab, kekayaan negara dapat teralokasikan dengan baik dan tepat sasaran. Dengan demikian, suatu negara dapat terbebas dari kemiskinan dan masalah ekonomi yang pelik.

3. David Richardo

Dalam bukunya, “Principles of Political Economy and Taxation”, Richardo menyatakan bahwa modal adalah kunci utama dari pertumbuhan ekonomi suatu bangsa karena permodalan yang baik akan membantu mewujudkan pertumbuhan sektor produksi dengan keuntungan yang setinggi-tingginya.

Demikian uraian mengenai tokoh-tokoh pendidikan dan pembangunan ekonomi di dunia. Semoga uraian tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Selanjutnya : Pakaian yang Diharamkan untuk Wanita Menurut Islam
Sebelumnya: Zakat Dibagi 2 Macam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar