Solusi Permasalahan Saat Tombol Keypad Laptop Huruf D Tidak Fungsi

Sering sekali kita mengalami putus asa karena menemukan masalah pada tombol keypad, seperti misalnya tombol keypad laptop huruf D tidak berfungsi. Kerusakan ini biasa terjadi karena banyak hal. Seringnya menemukan masalah seperti hal tersebut menyebabkan banyak pengguna membawa laptop ke tukang servis. Padahal, di dunia maya kita dapat mencari artikel tentang solusi membetulkan keypad yang rusak. Solusi untuk mengatasi kerusakan tombol keypad laptop huruf D tidak fungsi ialah dengan cara sebagai berikut.

A. Membuka Petunjuk Melewati Internet

Loading...

Langkah yang pertama kita lakukan ialah dengan membuka website www.webpcmag.com atau website lain yang berisi tentang permasalahan kerusakan tombol keyboard.

B. Penyebab Tombol Keypad Laptop Rusak

1. Keyboard D pada laptop terkena air atau cairan lain.
2. Adanya debu atau kotoran yang melekat pada tombol D.
3. Tombol perintah kunci pada keyboard tertekan secara tidak sengaja pada tombol D.
4. Penggunaan tombol D sebagai aturan dalam bermain games.
5. Pada tombol D ada benda asing yang menempel di dalamnya.
6. Biasanya terjadi karena adanya perubahan aturan register. Dalam hal ini terdapat program atau aplikasi yang sengaja dibuat oleh orang lain untuk merusak perintah keyboard sehingga perintah pada tombol keyboard berfungsi secara acak atau bahkan salah satu tombol tidak berfungsi.

C. Solusi Mengatasi Tombol Keypad Laptop Huruf D Tidak Fungsi

1. Apabila kita sudah yakin bahwa kerusakan pada keyboard disebabkan oleh laptop terjatuh alangkah lebih baiknya jika kita mencoba membuka bagian tombol keyboard D dan memastikan apakah kabel fleksibel yang terhubung dengan tombol D sudah terpasang dengan benar.

2. Lakukan pencabutan adaptor dan baterai laptop dari perangkat kemudian biarkanlah sejenak selama 5 menit.

3. Aktifkanlah program sistem Safe Mode dengan cara tekan tombol f8 ketika sistem sedang dalam keadaan booting sistem. Apabila keyboard dapat berfungsi dengan semestinya maka diduga kemungkinan terdapat program aplikasi yang terinstall. Sehingga aplikasi tersebut menyebabkan suatu permasalahan.

4. Bukalah tombol D dan lihatlah apakah ada benda atau debu yang melekat pada tombol D. Lakukan pembersihan debu walaupun terdapat butiran yang sangat kecil karena hal ini mempengaruhi fungsi tombol.

5. Install prorgam aplikasi atau software untuk mengatasi solusi kerusakan tombol keypad laptop huruf D tidak fungsi. Kita dapat mengunduh program aplikasi Microsoft Keyboard Layout Creator 1,4 secara gratis pada www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=8be579aa-780d-4253-9e0a-e17e51db2223&DisplayLang=en
Kita juga bisa mengunduh program lain secara gratis di website sharpkeys.codeplex.com atau randyrants.com/2006/04/sharpkeys_21.html untuk mendownload program Sharp Keys.

Mudah bukan dalam mengatasi tombol keypad laptop huruf D tidak fungsi? Namun, berhati-hatilah dalam menginstall program aplikasi karena banyak program software bajakan.

Loading...
Selanjutnya : Motif Batik Elegan dan Khas
Sebelumnya: Membuat Pesta Pernikahan Sederhana
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar