UGM Menciptakan Translate Jawa Online

Translate Jawa online. Pernahkah Anda berselancar di dunia maya dan menemukan aplikasi traslate bahasa Jawa-Indonesia? Ternyata, sang pembuat aplikasi tersebut adalah UGM atau Universitas Gajah Mada. UGM sebagai salah satu institusi pendidikan yang terbaik di Indonesia tidak pernah berhenti memberikan kontribusi di dunia pendidikan. Contohnya dengan menyediakan kamus online dalam 3 bahasa (Inggris-Indonesia, Belanda-Indonesia, dan Jawa-Indonesia).

Khusus untuk penyediaan kamus dalam bahasa Jawa adalah hal yang istimewa. Soalnya, masih jarang layanan terjemahan yang mempunyai pilihan bahasa Jawa. Kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini memang tidak sembarangan dalam membuat kamus bahasa Jawa. Mereka ingin melestarikan bahasa Jawa yang mulai sedikit demi sedikit terpinggirkan dan semakin berkurang pemakainya akibat banyaknya pendatang di kota Yogyakarta.

Relatif Mudah

Penggunaan kamus online tranlate Jawa online buatan Universitas Gajah Mada ini cukup mudah. Anda tinggal memasukkan kosakata yang akan diterjemahkan serta meng-klik pilihan bahasa yang diinginkan. Selanjutnya bisa dilihat secara lengkap untuk langkah-langkahnya.

  • Ketik http://kamus.ugm.ac.id/english.php
  • Lalu ketikkan kata atau kalimat yang akan Anda translate pada kotak teks yang sudah disediakan.
  • Kemudian klik tombol radio English-Indonesian untuk menerjemahkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.
  • Anda kemudian klik tombol search untuk menerjemahkannya.
  • Apabila Anda ingin menerjemahkan dalam bahasa Jawa, terlebih dahulu Anda harus memilih opsi Jawa terlebih dahulu.
  • Lalu klik tombol radio Indonesian-Jawa
  • Ketikkan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan.
  • Setelah mengetik tombol search, akan muncul kalimat atau kata yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Jawa.

Kamus Online Translate Jawa

Masih ada web lainnya yang menyediakan kamus online menerjemahkan bahasa Jawa. Seperti pada web http://kamusjawa.info yang menyediakan terjemahanan bahasa Inggris ke bahasa Jawa. Anda tinggal memasukkan kata atau kalimat yang akan diterjemahkan lalu klik tombol translate. Selanjutnya akan muncul kalimat atau kata yang sudah diterjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Jawa.

Kamus translate Jawa online pun bisa Anda kunjungi pada alamat http://mongosilakan.com. Sama seperti fasilitas kamus online lainnya, Anda cukup memasukkan kata atau kalimat dalam kotak teks yang sudah disediakan oleh penyedia kamus online “mongosilakan.” Selanjutnya, klik tombol translate atau ubah yang tersedia. Dalam sekejap, bahasa Jawa yang Anda cari sudah bisa didapat.

Demikianlah ulasang singkat mengenai translate Jawa online yang bisa dengan mudah kita temui di internet. Saat ini tidak sulit lagi untuk belajar dan mengerti bahasa Jawa, karena bisa kita temukan di internet. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Tujuan Penggunaan Alat Kosmetik Pada Remaja
Sebelumnya: Trail Terbesar di Pulau Hinchinbrook
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar