5 Tanda Transmisi Manual Mobil Anda Bermasalah


Mendiagnosis masalah yang terjadi pada mobil sendiri, mungkin tampak seperti tugas yang mustahil. Tetapi cobalah untuk berpikir dalam krangka tubuh Anda sendiri. Misalnya, jika perut Anda mulai sakit mendadak. Anda mungkin akan mulai berpikir, tentang makanan terakhir yang Anda makan -  dalam rangka untuk mencari tahu mengapa Anda mengalami rasa sakit.

Hal yang sama, bisa Anda gunakan untuk mendiagnosa masalah pada mobil Anda. Saat Anda mulai melihat sesuatu yang janggal atau terasa kurang baik, saatnya untuk mulai mempertimbangkan adanya masalah dan menemukan cara terbaik untuk memperbaikinya.

Masalah-masalah yang sering timbul, biasanya akan terasa  dalam sistem mekanik, atau juga masalah listrik, biasanya ditambah dengan munculnya suara yang berbeda sebagai indikator utama bahwa ada sesuatu yang tidak berfungsi dengan baik. Transmisi adalah piranti yang paling banyak digunakan selama bertahun-tahun, dan setelah beberapa lama, mereka pasti mulai memiliki beberapa masalah. Perbaikan Transmisi bisa sangat mahal, sehingga penting untuk Anda memahami gejala-gejala yang nampaknya tidak beres yang berakibat pada perbaikan besar.

Jika Anda berpikir akan mengalami beberapa masalah mobil atau jika Anda hanya ingin mempelajari lebih lanjut tentang masalah pelik seputar transmisi, simak 5 tanda-tanda masalah transmisi manual yang mungkin terjadi pada mobil Anda.

Sistem transmisi, adalah sistem yang berfungsi pada mesin kendaraan melalui perubahan kecepatan dan torsi (putaran) yang terjadi pada mesin, menjadi kecepatan dan torsi yang terus berakhir pada sistem penggerak akhir pada roda. Perubahan (konversi) ini, akan mengubah kecepatan putar mesin yang tinggi hingga menjadi lebih rendah namun jauh lebih bertenaga, atau terjadi sebaliknya.

1. Tidak Responsif

Indikator berikut mungkin Anda pernah rasakan pada transmisi mobil Anda. Diantaranya, tongkat perseneling yang tiba-tiba bergerak pindah dengan sendirinya, ke level gigi tertentu atau ke posisi netral. Hal itu bukanlah gerakan yang disebabkan ulah mahluk halus loh! Bisa jadi, karena disebabkan dengan plat kopling yang telah aus, atau komponen lainnya pada bagian transmisi, yang tidak lagi bekerja secara optimal.

Seharusnya memang tidak demikian. Transmisi haruslah bekerja seresponsif mungkin. Hal ini karena memang transmisi, telah dirancang sedemikian rupa, agar gerakan seefisien mungkin dapat kita lakukan mengimbangi kerja mesin.

2. Bergetar

Nah, hal ini juga bisa jadi awal kesimpulan, kalau memang transmisi mobil Anda memang bermasalah. Biasanya getaran aneh terjadi, pada saat Anda hendak akan mengoperasikan tongkat perseneling. Bukannya mudah, malah sebaliknya susah yang diikuti oleh getaran yang dimaksud. Bahkan seolah-olah, tongkat perseneling sepertinya tidak dapat dipindah atau masuk ke slot gigi yang tersedia pada gerabox.

3. Mengeluarkan Bunyi Aneh

Indikator lainnya yang mungkin bisa Anda rasakan, jika transmisi mobil Anda bermasalah, adalah terdengarnya suara-suara aneh pada bagian bawah mobil Anda. Terlebih jika suara-suara atau bunyian-bunyian aneh tersebut, jelas terdengar ketika Anda sedang memindahkan gigi. Waspadalah terhadap suara-suara tersebut. Bisa jadi, transmisi mobil Anda memang bermasalah.

Jangan biarkan kondisi ini terus berlalu begitu saja. Terkadang, suara-suara tersebut malahan terdengar lebih sering dan nyaring jika kondisi ini terus Kita diamkan. Karena bisa jadi akan berakibat jauh lebih fatal pada transmisi mobil kesayangan Anda. Ujung-ujungnya, alamat dompet malah jauh lebih membengkak dalam mengeluarkan kocek.

4. Terjadi Kebocoran

Indikator yang satu ini, mungkin paling mudah Anda kenali, jika terjadi sesuatu yang tidak beres pada mesin kendaraan Anda. Cobalah lihat, apakah ada tetesan oli yang menetes di lantai bawah kendaraan Anda. Jika memang ada noda yang menetes, lakukan pengecekan pada bagian mana kendaraan oli tersebut keluar. Bisa juga Anda lakukan dengan cara menge-cek secara langsung ketinggian oli yang jika terus berkurang, yang berarti adanya kebocoran oli.

5. Lampu Indikator Menyala

Biasanya mobil-mobil generasi terkini, terdapat lampu indikator kondisi mesin pada panel dasboardnya. Lampu indikator yang biasa kita kenal dengan lampu service engine atau check engine ini, akan menyala atau berkedip, jika terjadi sesuatu yang tidak beres pada mesin kendaraan Anda. Keberadaan lampu indikator, tentunya akan memudahkan anda untuk memastikan langkah-langkah perbaikan apa yang harus Anda lakukan ketika berkunjung ke bengkel terdekat.

Tanda di atas ini sebaiknya harus diketahui oleh seluruh pemilik kendaraan, apapun jenis, tahun, maupun warna mobilnya. Tanpa mengetahui sumber problem, malah Anda bisa terkena masalah setiap saat. Oleh karena itulah,  banyaklah menggali ilmu dan jangan sungkan bertanya dengan mereka yang pandai, sehingga Anda takkan terbelit masalah ketika di jalanan.

Selanjutnya : 5 Tipe Pria dan Mobil-Mobil Impiannya
Sebelumnya: Mengenal 5 Koleksi Antik, Skuter Klasik Buatan Jerman
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar