Trik Bermain Bass


Jenis musik berkembang sesuai dengan perkembangan teknik bermain musik. Jenis musik yang kita kenal, seperti pop, dangdut, rock, rap, jazz, atau campuran dari beberapa jenis musik mewarnai pendengaran kita setiap hari. Kali ini, kita akan mengenal trik bermain bass.

Alat musik adalah alat-alat yang dimainkan dengan banyak cara untuk menghasilkan bunyi tertentu. Banyak alat musik yang bisa dipadupadankan untuk menghasilkan musik yang indah. Salah satu alat musik yang biasanya memberi warna dalam musik adalah bass. Bass merupakan alat musik semacam gitar yang dimainkan dengan cara dipetik beberapa tali senarnya.

Dalam memainkan alat ini banyak ditawarkan teknik yang bisa memberikan suara yang berbeda-beda. Berbagai jenis teknik bermain bass, di antaranya sebagai berikut.

1.     Alternat picking, yaitu cara bermain bass bagi bassis dalam memetik alat musik ini, dengan menggunakan dua jari secara bergantian, yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Cara ini merupakan salah satu cara dasar dalam bermain bass, cara inilah yang paling sering digunakan para bassis.

2.    Slap, yaitu cara memetik bass dengan menggunakan jempol atau telapak tangan. Teknik ini dimainkan dengan cara seakan-akan menampar bass sehingga hasil bunyi yang keluar seperti mirip suara perkusi.

3.    Tapping, yaitu cara memetik bass dengan menekan senar dengan ujung jari pada frett bass.

4.    Pop, yaitu cara memetik bass dengan menarik senar dan melepaskannya sehingga beradu dengan frett yang menghasilkan suata nyaring. Cara ini berkembang jenisnya seperti double pluck. Untuk menghasilkan bunyi yang unik, teknik pop ini bisa dikombinasi dengan Slap.

5.    Bending, yaitu cara bermain bass dengan menekan senar yang berada di head stock. Hampir sama dengan teknik bending pada alat musik gitar, yaitu di ujung bass. Hasil bunyi dalam teknik ini seperti suara dengungan.

6.    Up down thumb, yaitu cara bermain bass seperti memetik gitar yang menggunakan jempol sebagai pick dan keempat jari lain dipakai sebagai alat memetik. Jadi, kita mengganti jari telunjuk dan jari tengah dengan jempol untuk memetik bass.

Banyak perkembangan trik bermain bass seiring perkembangan musik yang ingin memberikan warna musik berbeda. Pada intinya, trik bermain akan berkembang dengan adanya cara–cara dasar bermain bass yang sudah dikuasai oleh bassis. Selamat belajar!

Selanjutnya : Fungsi Lapangan Olahraga Untuk Kesehatan
Sebelumnya: Pijit Syaraf Kaki untuk Mengobati Berbagai Penyakit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar