Trik Menata Kamar Sempit

Trik menata kamar sempit dari para desain interior ini diharapkan dapat membuat kamar terasa lebih luas dan nyaman untuk ditempati. Berikut triknya.

1. Gunakan Warna Cat Gelap

Ruangan bercat putih ternyata memberi efek sempit pada ruangan. Hal ini disebabkan, dinding akan memantulkan bayangan yang membuat ruangan tampak dekil dan suram. Warna cat yang lebih gelap mencegah terjadinya bayangan yang jelas sehingga ruangan terasa lebih luas dan suasana terasa lebih intim.

2. Benda Pemantul Cahaya

Benda pemantul cahaya dapat berupa cermin dan perabotan yang dapat memantulkan cahaya. Cermin dapat membuat cahaya alami dengan memantulkan sinar lampu di sekitar ruangan, sehingga seolah-olah terbuka ruang baru di area kecil. Letakkan cermin ukuran besar di sudut atau belakang satu perabot atau objek.

Selain cermin besar, dapat juga memakai perabot rumah dengan permukaan mengkilap yang mampu memantulkan objek dan sinar di depannya. Contohnya adalah pajangan aluminum, jambangan bunga dari baja anti karat, dan lalin-lain.

Fungsi dari perabot yang dapat memantulkan cahaya ini sama dengan cermin besar, yakni membuka ruang baru. Karena cahaya yang memadai dapat membuat ruangan lebih luas dan terang. Selain memakai cermin atau perabot yang dapat memantulkan cahaya, benda-benda tembus pandang juga dapat membuat rungan terlihat ringan.

3. Pengecatan Langit-langit

Warnai langit-langit dengan warna setingkat lebih terang atau sama dari dinding. Jangan mengecat langit-langit dengan warna yang kontras dengan dinding. SebabĀ  mata akan berhenti mendadak oleh drastisnya perubahan warna sehingga ruangan terasa terbagi.

4. Gunakan Perabotan Besar

Satu perabotan berukuran besar dapat membuat ruangan tampak luas ketimbang perabotan berukuran kecil dalam jumlah yang banyak. Pasanglah satu cermin besar, satu karpet besar dan satu lampu gantung besar. Semakin sedikit perabotan dalam rumah akan memberi Anda lebih banyak waktu bersantai, karena tak perlu memindahkan banyak perabotan.

5. Lukisan

Saat orang datang berkunjung ke rumah Anda, arahkan fokus hanya pada satu benda yang langsung menarik perhatian dan menonjol. Gantungkan lukisan besar di di dinding, sebaiknya lukisan tersebut menggambarkan obyek yang memicu keingintahuan atau minat. Lukisan yang unik dapat mengalihkan pusat perhatian tamu dari ruangan kecil dan membuat ruangan Anda menjadi lebih menarik.

6. Tata Letak

Pada kamar tidur, rapatkan ranjang ke dinding sehingga dapat meletakkan meja di seberang tempat tidur. Beri jarak antara ranjang dan meja untuk jendela kamar.

Demikianlah beberapa trik menata kamar sempit. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Rekomendasi Nama-nama Anak Perempuan Bernuansa Islami
Sebelumnya: Mengenal Lebih Jauh tentang Totok Wajah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar