Trik Mengerjakan Soal Matematika


Trik mengerjakan soal matematika memang menjadi teka-teki yang menarik untuk dicari jawabannya. Hal itu karena sebagaimana kita ketahui, matematika sarat akan pemecahan soal yang terkadang membutuhkan rumus-rumus tertentu. Selain itu, matematika adalah salah satu cabang ilmu eksak sehingga ketika membutuhkan jawaban pada berbagai soal-soalnya, matematika cenderung memiliki jawaban yang pasti dan tidak akan berubah selamanya.

Contoh kecilnya, yaitu ketika ada soal tambahan 1 + 1= 2. Jawaban atas 1 tambah 1 sama dengan 2 tersebut tentu tidak akan pernah berubah menjadi 3 atau 4 selamanya. Inilah keunikan ilmu eksak seperti matematika yang selalu membutuhkan jawaban yang pasti dan statis. Tugas kita hanya mencari jawaban atas pemecahan soal tersebut dengan baik dan benar serta tepat, karena memang demikianlah yang dibutuhkan oleh soal matematika dalam menjawab soal-soalnya.

Untuk mengasah kemampuan seseorang dalam pelajaran matematika, biasanya dilakukanlah ujian kemampuan seseorang dengan latihan-latihan soal. Kemampuan seseorang dalam menjawab soal matematika menjadi tolok ukur kemampuan seseorang terhadap kepahamannya terhadap masalah matematika tersebut. Begitupun sebaliknya, ketidakmampuan seseorang dalam menyelesaikan berbagai soal yang diberikan tentu itulah cerminan bagi seseorang terhadapĀ  ketidakmampuan mengerjakan dan memecahkan soal-soal matematika.

Cara mengerjakan matematika dengan mudah ialah, pertama, telitilah jenis soal yang diberikan, misalnya kerjakanlah soal tambahan atau kurangan kemudian perkalian atau pembagian kemudian bentuk lain, jika soal yang diberikan mempunyai perhitungan cukup banyak. yakni adanya tambahan atau pengurangan serta perkalian atau pembagian dalam satu soal yang sama. Kedua, pahami soal dengan sebaik-baiknya, jika memerlukan suatu rumus untuk mempermudah pengerjaan, maka pelajari rumus yang terkait untuk mempermudah pengerjaannya.

Misalnya, dalam suatu soal membutuhkan jawaban untuk mengukur keliling persegi panjang, maka rumus yang digunakan yakni 2 x (p+l), sehingga jawaban akan mudah didapatkan. Dalam hal ini rumus menyesuaikan dengan bentuk soal. Ketiga, jangan lupa berdoa agar senantiasa diberikan pemahaman yang baik terhadap soal-soal yang ada kepada Tuhan yang Maha sehingga memberikan berbagai pemahaman kepada kita.

Demikianlah trik mengerjakan soal matematika yang singkat, yang tentunya bisa dijadikan solusi dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang dihadapi. Semoga uraian yang singkat ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Selanjutnya : Memilih Krim Wajah yang Nyaman untuk Berenang
Sebelumnya: Mencari Tempat Melukis Di Bahan Kanvas Di Kota Bandung
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar