Fakta BahwaTsunami Paling Banyak Menewaskan Korban

Tsunami paling banyak menewaskan korban adalah yang pernah terjadi di wilayah Daerah Istimewa Aceh pada bulan Desember 2004 silam. Bencana Tsunami telah meluluh lantakkan semua bangunan dan kota hingga rata menjadi tanah. Agar trauma yang tersisa tidak kembali menegangkan, sepatutnya orang belajar menyiasati tentang keberadaan tsunami.

Mengenal Tsunami

Loading...

Bencana alam yang terkenal dengan sebutan Tsunami ini merupakan gelombang laut raksasa yang begitu besar. Sehingga kerusakan yang ditimbulkan sebagian besar terjadi di wilayah pesisir yang bisa langsung dijangkau gelombang tsunami tersebut. Biasanya kejadian besar Tsunami dipicu oleh meletusnya gempa bumi di bawah permukaan air laut.

Beberapa kerusakan yang ditinggalkan akibat tsunami bisa dilihat sisa-sisa kerusakan bangunan yang berada di sepanjang pantai, bahkan bisa memakan korban jiwa manusia, jika terdapat orang yang berada dalama lokasi tersebut. Bisa dibayangkan dampak besar intensitas kerusakan pada wilayah pesisir tergantung oleh :

  • Adanya posisi garis pantai terhadap sumber gelombang badai tsunami
  • Terdapat kondisi morfologi pada wilayah pesisir laut yang ada
  • Adanya pola tertentu seperti bentuk datar dari pola morfologi wilayah

Kesimpulannya berarti kerusakan terparah yang dialami suatu tempat jika pantai langsung berhadapan dengan sumber gelombang tersebut.

Beberapa Peristiwa Tsunami

Bisa dikatakan jika tsunami paling banyak menewaskan korban di setiap lokasi kejadian. Mari mengingat sekilas beberapa peristiwa besar tsunami yang telah merenggut banyak korban dan kerugian material seperti :

1. Tsunami di Chili berkekuatan 9.5 SR

Terhitung sebagai bencana tsunami terdahsyat yang pernah ada di perairan laut Pasifik Chili.

2. Tsunami di Filipina berkekuatan 9.3 SR

Kekuatan tsunami yang pernah terjadi di kota Moro dan Pegadaian ini telah menorehkan tragedi korban sebanyak lima ribu jiwa.

3. Tsunami di Rusia berkekuatan 9 SR

Bencana Tsunami yang menghantam di daerah semenanjung Kamchatka sehingga membuat 2300 jiwa meninggal.

4. Tsunami di DI Aceh berkekuatan 9.3 SR

Duka mendalam akibat mengalami bencana Tsunami yang pernah melanda di wilayah Samudera Hindia sehingga membuat pesisir daerah aceh, pantai barat Semenanjung Malaysia, kota Sri Lanka sampai menuju pantai Timur Afrika menghancurkan semua kehidupan.

5. Tsunami di Papua Nugini berkekuatan 7 SR

Bencana Tsunami juga menghampiri negara Papua Nugini sehingga jatuh korban jiwa mencapai delapan ribu orang.

Demikian uraian singkat tentang tsunami paling banyak menewaskan korban jiwa. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Fase-fase Sejarah Pembukuan Hadits di Zaman Khalifah
Sebelumnya: Mengenal Lebih Dekat Kartun Tazmania
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar