Tugas Admin adalah Utama

Siapa bilang tugas admin adalah yang tidak terlalu penting? Di dunia kerja, khususnya perkantoran, terdapat aneka macam jenis pekerjaan di bidang masing-masing. Ada bagian sumber daya manusia (SDM), bagian keuangan, bagian tata administrasi umum, bagian kehumasan, pengembangan jaringan, dan lain sebagainya. Di perusahaan yang berhubungan dengan sistem jual beli masih ada bagian marketing, pembelian, dan lain sebagainya.

Hampir semua bagian membutuhkan tenaga administrasi yang membantu mengelola segala hal yang terkait dengan klerikal bagian yang dimaksud. Misalnya, bagian keuangan membutuhkan administrasi keuangan yang membantu secara teknis dengan mencatat uang keluar dan uang masuk. Adapun kepala bagian keuangan lebih memahami tata kelola uang, berikut kebijakan keuangan yang diterapkan.

Bagian SDM juga memerlukan administrasi yang biasa disebut sebagai bagian personalia. Tugasnya antara lain adalah mencatat daftar hadir pegawai, membuat struk gaji, menulis kebutuhan-kebutuhan terkait sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

Di bagian marketing, administrasi sangat diperlukan untuk membantu pencatatan secara teknis mengenai hasil penjualan, seperti mencatat omzet yang dihasilkan secara harian, barang apa saja yang terjual, adanya tagihan-tagihan, jumlah stok yang dijual, dan lain sebagainya.

Begitu pula bagian kehumasan, administrasi dapat bertugas antara lain di dalam mencatat jadwal protokoler, menerima surat masuk, menyampaikan surat masuk kepada kepala humas, dan lain sebagainya. Admin di bagian teknologi informasi bertugas mengurus tata kelola sistem informasi. Mengenai program dan tata kelola konsep dapat melibatkan ahli sistem informatika yang andal di bidang pemrograman dan konsep.

Jadi, apabila selama ini yang dibayangkan mengenai administrasi hanyalah administrasi umum belaka, ternyata administrasi diperlukan di hampir semua bagian dari sebuah lingkungan kerja. Bahkan, seorang yang bekerja di lapangan seperti event organizer pun membutuhkan tenaga administrasi. Tenaga administrasi di sini dapat menjadi tenaga teknis seperti bagian pemutar musik, administrasi pencatatan pihak ketiga yang membutuhkan jasa perusahaan, dan lain sebagainya.

Namun di ilmu sistem informatika, terdapat istilah khusus untuk admin, yaitu seseorang yang secara teknis mengoperasikan sebuah jaringan atau situs. Seperti kalau kita memiliki blog atau website, maka pemilik ataupun individu yang dapat mengakses situs tersebut seperti mengunggah berita, foto-foto, dan memperbaiki tampilan situs disebut sebagai admin. Admin di sini mempunyai tugas secara teknis mengelola segala yang terkait dengan kebutuhan website.

Admin sebuah situs dapat dikelola secara pribadi ataupun lebih dari dua orang. Fungsi admin yang lebih dari dua orang adalah untuk membantu kerja admin utama di dalam memelihara situs. Jadi tugas admin adalah berbagai macam sesuai dengan kebutuhan bagian tempat admin bekerja.

Loading...
Selanjutnya : Kartu Ucapan Selamat atas Pernikahan
Sebelumnya: Tips Pemerah Bibir Alami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar