Tugas Badan-badan seperti Badan Legislatif


Indonesia yang merupakan negara berbentuk republik juga memiliki perwakilan rakyat yang terbagi dalam badan-badan negara yang memiliki tugas berbeda namun saling berhubungan satu sama lain. Negara Indonesia yang demokrasi menganut Trias politika membagi kekuasaan dalam lembaga-lembaga negara. Bagaimana tugas badan-badan seperti badan legislatif yang ada di Indonesia?

Lembaga-lembaga negara yang dikenal dan  diatur dalam UUD 1945 seperti badan  eksekutif, legilatif dan yudikatif dengan pembagian kekasaan dengan lembaga-lembaga negara yang lain guna mengkoordinasikan kegiatan pemerintahan. Kali ini ditekankan pada pengenalan fungsi dan tugas dari salah satu badan yaitu badan legislatif.

Badan :egislatif

Pengertian dari badan legislatif yaitu badan pemerintaha yang memiliki kuasa membuat hukum. Dalam beberapa bahasa badan legislatif bisa dikenal dengan nama kongres, parlemen atau pun assembly national. Di Indonesia cukup disebut sebagai legislatif dan dikenal dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Kedudukan legislatif sejajar dengan badan eksekutif dan yudikatif.  Di pusat pemerintahan  lembaga legislatif dikenal dengan nama DPR (dewan perwakilan rakyat), di tingkat provinsi disebut DPRD Provinsi (dewan perwakilan rakyat daerah), di tingkat kabupaten disebut DPRD Kabupaten. Tugas dan fungsi dari badan legislatif antara lain sebagai berikut:

1. Fungsi legislasi, yaitu  badan yang berfungsi membuat undang-undang.
2. Fungsi anggaran, yaitu badan yang berfungsi menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
3. Fungsi pengawasan, yaitu badan yang berfungsi mengawasi pemerintah dalam menjalankan undang-undang.

Selain memiliki tugas, badan legislatif pun sebagai lembaga negara memiliki hak, yaitu:

1. Hak Interpelasi, yaitu legislatif berhak meminta penjelasan kepada pemerintah atas undang-undang yang dijalankan dan yang berdampak luas pada massyarakat.

2. Hak Angket, yaitu legislatif berhak melakukan penyelidikan atas kebijakan pemerintah yang diduga berupa pelanggaran pemerintah terhadap pelaksanaan peraturan undang-undang.

3. Hak menyatakan pendapat, yaitu legislatif berhak menyatakan pendapat terhadap suatu peristiwa besar yang menyangkut kebijakan pemerintah sekaligus memberi saran dan solusi atas hal tersebut.

Itu sedikit penjelasan mengenai tugas badan-badan seperti badan legislatif diatas yang mungkin bisa membantu memberi sedikit gambaran tentang pembagian kekusaan di pemerintahan Indonesia.

Selanjutnya : Administrasi Organisasi
Sebelumnya: Makanan Bayi 8 Bulan, Makanan Baru untuk Bayi Anda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar