Tugas Bagian Marketing dalam Perusahaan


Dalam perusahaan yang mempunyai peran penting adalah bagian pemasaran atau marketing. Tugas bagian marketing dalam perusahaan ini merupakan ujung tombak perusahaan dalam berhubungan dengan konsumennya secara langsung dibanding dengan bagian lain dalam perusahaan.

Marketing

Pengertian marketing atau pemasaran sendiri adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan konsumen.

Dalam pemasaran pun membutuhkan manajemen pemasaran yang baik. Manajemen pemasaran ini mencakup tenaga penjualan, periklanan atau promosi, manajemen proyek, riset pemasaran,dan layanan konsumen.Peran bagian marketing dalam perusahaan memiliki konsep pemasaran seperti:

1. Pasar sasaran, dimana perusahaan harus cermat memilih pasar berserta program-program pemasarannya yang akan dijual disuatu pasar tertentu.

2. Kebutuhan konsumen, memperhatikan kebutuhan konsumen merupakan hal pokok. Karena kebtuhan tiap konsumen tidaklah seragam.

3. Pemasaran terpadu, level pertama berbagai fungsi pemasaran seperti tenaga penjualan, periklanan, pelayanan pelanggan, manajemen proyek dan riset pemasaran harus bekerjasama. Level kedua adanya bagian lain dari bagian pemasaran yang bekerjasama.

4. Kemampuan menghasilkan laba, tujuan utama berdirinya perusahaan adalah mendapatkan laba untuk bisa mempertahankan jalannya perusahaan dan terus memberikan manfaatnya. Semakin baik memenuhi kebutuhan konsumen makin banyak laba yang diperoleh perusahaan daripada pesaingnya.

Tugas bagian marketing yang harus dilakukan yaitu:

1. Mengenalkan produk perusahaan baik melalui promosi langsung, iklan, kegiatan pemasaran langsung disuatu tempat dan media lainnya.
2. Menjual produk perusahaan sesuai program dan target yaang direncanakan.
3. Melayani kebutuhan konsumen dengan baik.
4. Mampu melihat dan melaporkan perubahan dalam pasar yang terkait dalam pemasaran yang sedang dilakukan.
5. Membuat program-program pemasaran yang jitu dan efektif untuk menjaring konsumen lebih besar.
6. Aktif menawarkan barang atau jasa yang diproduksi perusahaan kepada konsumen.

Karena terkadang konsumen tidak menyadari kebutuhannya sendiri. Jadi menawarkan secara kontinyu bisa menimbulkan kesadaran dan ketertarikan konsumen untuk menggunakan produk yang ditawarkan.

Meski tugas bagian marketing dalam perusahaan merupakan ujung tombak perusahaan dalam menghidupi perusahaan dan karyawannya, namun bagian marketing ini harus disokong oleh bagian lain dalam perusahaan yang bisa memudahkan jalannya pemasaran perusahaan yang sedang dilakukan.

Selanjutnya : Cara Memainkan PB
Sebelumnya: Unsur Intrinsik Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar