Tugas HRD Recruitment


Setiap perusahaan besar pasti memiliki divisi HRD, yang memiliki tugas tertentu. Salah satunya adalah tugas HRD recruitmentyang terdapat dalam suatu perusahaan adalah memilih calon karyawan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya..  Sebelumnya mari kita kenali dulu apa yang dimaksud dengan HRD.

Tugas HRD

HRD atau human resources department(manajemen sumber daya manusia) adalah suatu divisi yang menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, buruh, manajer, pegawai dan bagian unit lain yang ada dalam perusahaan untuk menunjang aktifitas perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu.

Divisi HRD ini memiliki peran, fungsi dan tugas yang harus dijalankan. Peran HRD dalam perusahaan merupakan jembatan antar departemen. Salah satunya adalah tugas HRD adalah recruitment. HRD memiliki tugas seperti berikut:

1. Persiapan, yaitu menyiapkan persiapan sebelum melakukan rekruitmen. Persiapan itu meliputi persiapan internal dan eksternal. Persiapan internal berupa menghitung jumlah kebutuhan karyawan yang dicari, struktur organisasi, departemen terkait yang membutuhkan tambahan orang baru. Sedangkan persiapan eksternal seperti menyiapkan hukum ketenagakerjaan, kondisi pangsa pasar pun diperhatikan serta hal-hal lain yang berhubungan dengan rekruitmen.

2. Rekruitmen, merupakan tugas HRD untuk mencari karyawan baru yang memiliki SDM yang dibutuhkan perusahaan. Dengan menganalisa deskripsi pekerjaan dan spesifikasi pekerjaan, hal ini mempermudah proses  pemilihan orang-orang yang akan direkrut. Deskripsi pekerjaan dan spesifikasinya haruslah disesuaikan dengan kebutuhan departemen dalam perusahaan.

3. Seleksi, yaitu tugas HRD untuk menyeleksi orang-orang yang cocok dengan kebutuhan perusahaan, cocok dengan deskripsi dan spesifikasi pekerjaan yang dicari. Ini dilakukan dari seleksi awal seperti membaca CV atau daftar riwayat kerja, melakukan panggilan kerja hingga ujian atau wawancara sampai seleksi akhir untuk menentukan orang-orang baru yang akan diterima bekerja.

Tugas perekrutan ini memiliki tanggung jawab besar bagi HRD, agar kandidat yang terpilih bisa menguasai bidang di departemen yang membutuhkan dengan memberikan konstribusi hasil kerja yang diharapkan. Kesalahan memilih kandidat akan mempengaruhi kecepatan perusahaan dalam mencapai tujuan. Dikarenakan kandidiat-kandidat yang dipilih tidak memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidangnya.

Tugas HRD recruitment terlihat sepele, namun memilki tanggung jawab besar yang mempunyai konsekwensi membawa keberhasilan pencapaian perusahaan. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Cara Pengiriman Naskah dan Alamat Penerbit Mizan
Sebelumnya: Alamat Griya Mukena Jogja
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar