Tugas Malaikat Mikail dan Israfil

 

Tugas malaikat Mikail dan Israfil peranannya begitu besar sebagai utusan Allah dalam melaksanakan tugas penting. Sebagai umat Islam yang baik, kita sudah sepatutnya memercayai para malaikat sebagai ciptaan Allah. Percaya adanya malaikat sebagai perwujudan kedua rukun iman yang memang harus dipercayai serta diyakini dalam agama Islam.

Malaikat Mikail dan Israfil merupakan salah satu dari sepuluh malaikat yang ada dalam Alquran dan hadis Nabi yang sudah memiliki tugas tersendiri berdasarkan perintah yang Allah tetapkan.

Dalam artikel ini hanya mengupas mengenai tugas Malaikat Mikail dan Israfil saja.

Malaikat Israfil

Malaikat Israfil dipercaya oleh Allah memiliki tugas mulia meniup terompet sangkakala atas perintah kuasa Allah SWT. Dengan terdengarnya tiga kali tiupan sangkakala malaikat Israfil, berakhirlah kehidupan serta segala isi di dalamnya atau kiamat. Tiupan pertama merupakan tiupan kekagetan, disusul tiupan terompet kedua adalah kematian, serta tiupan ketiga adalah tiupan untuk kebangkitan pada alam akhirat.

Selain itu, Malaikat Israfil juga diciptakan dari cahaya. Ia memiliki bulu menyeluruh di tubuh, banyak lidah, dan banyak mulut. Jumlah sayap malaikat ini ada empat yakni sayap pertama sampai ke barat, sayap ke dua ke arah timur, yang ketiga menutupi seluruh tubuh sedangkan sayap terakhir menutupi kepala. Malaikat Israfil juga memiliki banyak pasukan mailakat yang sama dengan kejadiannya.

Malaikat Mikail

Tugas mulia malaikat Mikail berkaitan dengan rizki dari Allah. Rejeki yang ada di dunia berkaitan dengan Malaikat Mikail yang memiliki wewenang mengatur hujan dan tumbuh-tumbuhan di alam semesta ini.

Menurut sejarahnya, Malaikat Mikail adalah salah satu malaikat yang diciptakan oleh Allah SWT setelah Malaikat Israfil dengan beda waktu sekitar lima ratus tahun. Dari atas kepala hingga kedua telapak tangan dan kaki Mikail mempunyai bulu Zafaron. Diumpamakan juga bila seluruh air di lautan serta sungai di muka bumi ini ditumpahkan di atas kepalanya, niscaya tidak setetes pun yang tumpah.

Pada setiap bulunya terdapat sejuta muka.Yang mewakili satu juta mulut, terdapat lidah dengan satu juta bahasa. Tiap satu juta bahasa tersebut adalah lafadz istighfar terhadap Allah SWT untuk orang mukmin yang alami dosa. Terdapat pula satu juta mata yang menangis memohon rahmat. Masing-masing mata yang menangis mengeluarkan tujuh ribu titisan air mata dan setiap air mata akan Allah ciptakan satu Malaikat Karubiyyuun yang menyerupai kejadian Malaikat Mikail yang bertugas bertasbih hanya pada Allah SWT sampai akhir kiamat nanti.

Demikian uraian singkat artikel tugas malaikat Mikail dan Israfil yang harus dipahami umat Islam. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tujuh Unsur Kebudayaan Universal
Sebelumnya: Trik Sulap Menyambung Tisu Sobek
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...