Tugas Manusia Sebagai Khalifah di Bumi


Melihat percepatan waktu dan keuzuran bumi tempat kita berpijak, kembali mengingatkan tugas manusia sebagai khalifah di bumi. Salah satu ciptaan Allah yang paling sempurna dan mulia adalah manusia.  Tentunya Allah sendiri memiliki maksud dalam penciptaan manusia berikut alam semesta yang disediakan untuk kehidupan manusia. Dan memiliki maksud pula mengapa manusia diberi akal pikiran, akhlak, pengetahuan dan nafsu.

Kedudukan Manusia

Tentunya kita harus memahami kedudukan manusia dalam penciptaanNya di bumi ini. Dalam surat  Al Isra’ ayat 70 ditunjukkan tentang kesempurnaan dan kemuliaan manusia diantara semua makhluk ciptaan Allah.Kedudukan manusia dibumi akan memudahkan memahami tugasnya, seperti paparan berikut ini:

  • Sebagai Abdullah (hamba),sebagai hamba yang wajib tunduk, taat atas perintah dan petunjuk Allah. Semua perintah dan petunjukNya diberikan melalui Al Qur’an sebagai pedoman hidup untuk melaksanakan kehidupan sesuai kedudukan sebagai hamba Allah.Sebagai hamba juga menunjukkan bahwa kehidupan manusia sepenuhnya tergantung pada Allah semata.
  • Sebagai Khalifah, yaitu berkewajiban untuk memelihara, mengelola bumi dengan sebaik-baiknya dalam rangka sebagai bentuk ibadah kepada Allah semata. Seluruh penciptaan seperti hewan, tumbuhan dan segala sesuatu di dunia ditaklukkan kepada manusia. Meski pada awal penciptaan manusia, para malaikat bertanya kepada Allah tentang manusia yang akan membawa kerusakan. (Q.S. Al Baqarah: 2)

Bila manusia menyadari kedudukannya yang diberikan Allah, maka tugasnya sebagai khalifah dibumi bisa dilakukan dengan sebaik-baiknya, seperti memegang amanah.Beberapa tugas khalifah adalah sebagai berikut:

  • Mewujudkan kemakmuran dibumi, menggunakan sumber daya alam yang diberikan kepada manusia  dengan moral  dan peradaban yang baik. (Q.S Hud: 61)
  • Mewujudkan keselamatan dan kebahagiaan dengan beribadah amal salih. Ibadah yang bisa dilakukan bila manusia memiliki akhlakul qarimah yang semua tindakannya akan mampu menjaga memelihara bumi dengan sebaik-baiknya. (Q.S Al Maidah: 16)
  • Menegakkan kebenaran dan keadilan antara sesama. Yang juga menyangkut perlindungan manusia terhadap bumi dan isinya. (Q.S Al Ashr : 1-3)

Maka jelaslah tugas kekhalifan manusia menyangkut tugas kekhalifahan terhadap diri sendiri, kekhalifahan dalam keluarga, kekhalifahan dalam masyarakat dan kekhalifahan terhadap alam.

Dengan menjalakan tugas kekhalifahannya dengan baik selama hidupnya, maka manusia semakin mulia dalam pandangan Allah dan makhluk lainnya.Tugas manusia sebagai khalifah di bumi, bukanlah hal mudah. Namun, memerlukan perjuangan sekaligus pengorbanan untuk mampu melaksanakannya.

Selanjutnya : Peralatan Menggambar Animasi Manga
Sebelumnya: Waktu yang Tepat untuk Berkunjung ke Grand Canyon Cijulang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar