Tugas Presiden dan Wakil Presiden Sekarang


Siapa nama presiden Indonesia saat ini? Tanya seorang guru kepada semua siswa di kelas. Banyak siswa yang mengancungkan tangan dan berebut untuk menjawab. Namun jika ditanya apa tugas presiden dan wakil presiden, kebanyakan, para siswa akan diam dan enggan untuk menjawab.

Sepemahaman anak-anak, presiden memiliki tugas, memimpin sebuah negara. Lebih detilnya mereka kurang memahami baik  tugas presiden maupun wakil presiden.

Kita bisa merujuk  pada Pasal 4 ayat (2), disebutkan bahwa Presiden dalam menjalankan tugas dan kewajibannya dibantu oleh wakil presiden.  Artinya bahwa dalam melakukan kewajibannya wakil presiden berkedudukan sebagai pembantu presiden.

Untuk mengantarkan negara Indonesia pada tujuan yang tepat sasaran, presiden tidak mampu berdiri sendiri, ibarat sebuah mobil, roda depan selalu membutuhkan roda belakang yakni wakil presiden.

Dari pasal 4 ayat 2 yang saya sebut di atas, sebenarnya wakil presiden punya tugas yang sama dengan presdien. Akan tetapi dari masa ke masa wewenang Wakil Presiden ternyata agak berbeda. Tugas presiden sekarang, antara lain:

1. Secara diplomatik, tugas presiden adalah melakukan hubungan diplomatik dengan negara lain, mengangkat duta negara, serta membuat perjanjian dan konsul dengan negara lain.

2. Melakukan Administrasi kenegaraan

3. Memegang kuasa dalam bidang militer

4. Secara yudikatif, tugas-tugas seperti memberi grasi, amnesti, abolisi, dan rehabilitasi termasuk tugas presiden.

5. Membahas dan membuat pengesahan atas Undang-undang dan Perpu termasuk tugas presiden secara legislatif.

Sementara itu, wakil presiden memiliki tugas untuk membantu presiden dalam urusan administratif, seperti mengontrol kinerja kabinet.

Presiden dan wakil presiden punya tugas penting untuk memimpin negara. Kerjasama yang baik diperlukan untuk mendapatkan kata mufakat dalam setiap musyawarah apapun, supaya menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi kebaikan rakyatnya.

Karena jika kedua pemimpin negara ini tidak ‘akur’ selalu bersilang pendapat dan tidak bisa menghasilkan keputusan legowo, jangan harap rakyatnya bisa makmur dan sejahtera.

Selanjutnya : Gorila Tidak Buas – Si Kera Besar yang Pemalu
Sebelumnya: Mimpi Digigit Anjing, Apakah Maknanya?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar