Tugas Presiden sebagai Kepala Pemerintah di Indonesia


Sebagai kepala pemerintahan, presiden merupakan simbol kepemimpinan pada suatu negara. Presiden ketika menjalankan pemerintahan, dibantu dengan wakil presiden.

Selain itu masih ada menteri-menteri yang ada di bawahnya dan pemegang kekuasaan eksekutif untuk membantu menjalankan pemerintahan supaya lancar.

Tugas presiden sebagai kepala pemerintahan, dijabat dalam jangka waktu 5 tahun kerja. Presiden hanya dapat dipilih 2 kali seumur hidupnya, dan digaji sekitar 120 juta sebulan.

Tugas dan Wewenang Presiden

Sebagai kepala pemerintahan, tugas presiden banyak sekali. Tidak hanya bersifat kerakyatan, tetapi juga dalam menentukan berbagai kebijakan politiknya. Bagaimana negara bertahan dan mampu menyejahterakan para rakyatnya. Adapun kewenangan yang dipegang dan tugas yang diemban oleh presiden antara lain adalah:

1. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi yang sudah diatur dalam Undang-Undang Dasar RI

2. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi di militer, yang meliputi AD, AL, AU dan Polri

3. Presiden membuat berbagai kebijakan yang dituangkan ke dalam RUU, yang mana RUU tersebut akan diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Setelah adanya pembahasan bersama dengan DPR, lalu mendapat persetujuan dan disahkan. Maka RUU tadi akan berubah manjadi UU atas persetujuan bersama.

4. Bila terjadi sesuatu yang memaksa, presiden dapat menetapkan peraturan sebagai penganti UU bila negara dalam keadaan genting.

5. Menetapkan segala peraturan dalam pemerintahan

6. Menunjuk para menteri dan menghentikan bila tidak kompeten lagi

7. Menyatakan seteru dengan negara lain, membuat janji perdamaian dan melakukan kerjasama dengan negara lain. Dengan syarat mendapat persetujuan dari DPR.

8. Membuat berbagai perjanjian internasional seperti kerjasama ekonomi, militer dan lain sebagainya dengan persetujuan dari DPR

9. Menyatakan pernyataan bahaya bila negara dalam keadaan diserang

10. Menunjuk duta besar dan konsulat

11. Menerima duta besar yang dikirim negara lain dengan persetujuan dari DPR

12. Memberikan penghargaan tinggi seperti tanda jasa, gelar, medali kehormatan dan sebagainya yang sesuai dengan UU.

Dan masih banyak lagi tugas presiden sebagai kepala pemerintahan, yang tidak dapat disebutkan satu persatu di sini. Semoga yang sedikit ini dapat menambah pengetahuan bagi Anda para pembaca.

Selanjutnya : Cara Mengedit Foto Photoshop
Sebelumnya: Cara BBM Langganan Pakai IM3
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar