Tugas Presiden Sebagai Kepala Pemerintahan


Apakah tugas presiden sebagai kepala pemerintahan? Sudah tentu jawabannya tidak susah. Tugas presiden sebagai kepala pemerintahan adalah memimpin pemerintahan. Negara tak ubahnya seperti organisasi. Hanya saja tugas seorang kepala pemerintah lebih kompleks. 

Pengertian presiden sebagai kepala Negara sebenarnya sudah diatur dalam Undang-Indang. Anda bisa membukanya lagi. Atau agar lebih mudah mencarinya di mesin pencari dengan mengetikkan kata kunci tertentu. Maka, akan muncul semua soal presiden dan tugasnya.

Tugas dan Fungsi Presiden

Kerja presiden dibantu oleh menteri. Menteri ini membawahi banyak bidang, dari soal keuangaan sampai soal perumahan dan juga tata usaha negara. Meski begitu, bukan berarti tugas seorang kepala negara menjadi enak. Dia tetaplah harus berfikir keras agar bisa menciptakan kestabilan dalam negara yang dipimpinnya.

Fungsi presiden selain sebagai penstabilan kondisi negara juga menciptakan kesejahteraan bagi rakyatnya. Setiap rakyat berhak untuk mendapatkan perlindungan dari negara. Presidenlah yang harus merancangnya. Itulah, cara kerja presiden. Selain itu, presiden memiliki hak. Di antaranya adalah:

• Mengatur undang-undang

• Sebagai pemimpin tertinggi atas angkatan laut darat dan udara, kepolisian

• Mengajukan rancangan undang-undang dasar Negara kepada DPR

• Membuat perjanjian international dengan persetujuan DPR

Kesejahteraan Presiden

Gaji seorang presiden pun bukan hal yang remeh, presiden memiliki gaji tertinggi. Bahkan, di belahan dunia lainya, ada presiden yang memiliki gaji tertinggi di dunia. Seperti nama presiden Indonesia, konon ia juga memiliki gaji tertinggi diantara presiden lainnya di dunia ini.

Dari uraian di atas, maka kita bisa tahu presiden adalah pemimpin tertinggi sekaligus sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap suatu negara. Ia juga berhak untuk memebrikan kemakmuran terhadap sebuah negara.

Negara tanpa presiden tidak akan berjalan. Presiden adalah pemimpin di sebuah negara republik. Berbeda lagi dengan negara yang bentuknya bukan republik, maka bukan hanya terdapat presiden, melainkan juga perdana menteri.

Demikianlah artikel mengenai tugas presiden sebagai kepala pemerintahan. Semoga bisa menambah wawasan untuk kita semua. Juga, menjadikan kita semakin paham akan arti sebuah negara dan presidennya.

Selanjutnya : Menambahkan Jam di Blog
Sebelumnya: Tugas Pendeta Kerajaan Holing
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar