Tugas Seorang Staff Administrasi


Menjadi seorang staff administrasi memang gampang-gampang susah. Pekerjaan ini menuntut kecermatan dan juga ketelitian. Sama seperti pekerjaan lain, profesi ini juga harus dikerjakan dengan tanggung jawab maksimal.

Jika ingin bekerja dibidang ini, maka Anda harus mengerti beberapa tugas seorang staff administrasi. Jangan anggap remeh tugas ini karena kesalahan sekecil apa pun malah akan mempengaruhi kinerja orang lain.

Pada dasarnya, seorang staff administrasi bertanggung jawab dalam segala kegiatan pelayanan di sebuah kantor atau institusi. Staff tersebut harus bisa menyediakan layanan dan fasilitas administrasi yang menunjang pekerjaan di kantor.

Layanan dan fasilitas ini sangat bergantu dengan bidang yang digeluti oleh kantor atau institusi tersebut. Namun biasanya kebutuhan dasar setiap kantor tidak jauh berbeda.

Seorang staff administrasi akan memastikan ruang kerja di kantor siap digunakan setiap hari oleh seluruh pegawai yang ada. Selain itu aktifitas kantor harus bisa berjalan dengan terpenuhinya kebutuhan untuk bekerja. Setiap bidang dan level akan membutuhkan fasilitas dan layanan yang mungkin berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Seorang staff administrasi akan memastikan bahwa semua layanan dan fasilitas ini bisa tersedia dengan baik. Jika perlu adanya renovasi ruang kerja atau kantod, maka seorang staff harus bisa mengakomodir.

Seorang staff administrasi juga harus bisa mengawasi dan mendokumentasu segala kegiatan surat menyurat yang dilakukan oleh kantor. Mereka juga bertugas untuk pengarsipan dokumen yang penting bagi kantor.

Selain itu, kebutuhan dan layanan administrasi juga wajib untuk selalu dipersiapkan. Seorang staff administrasi harus menyiapkan peralatan kantor, alat tulis, serta keperluan administrasi lainnya.

Kadang seorang staff administrasi juga memberi tabulasi dari catatan evaluasi kinerja harian atau juga bulanan. Laporan ini dipakai untuk perbaikan agar bisa mencapai target yang sudah ditetapkan.

Bagian administrasi hanya membuat laporan untuk kemudian dievaluasi oleh pegawai di bidang yang bertanggung jawab akan hal ini. Seorang staff juga harus membuat anggaran dari divisinya untuk diajukan pada kantor. Anggaran ini merupakan rekomendasi terhadap keperluan administrasi kantor ke depan.

Selanjutnya : Cara Mengedit Photo di Adobe Photoshop
Sebelumnya: Pentingnya Manfaat Perpindahan Suhu dan Kalor
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar