Apa Saja Tugas Staff Administrasi Umum


Pertanyaan yang mungkin umumt erlontar dari seorang calon pegawai yang akan masuk dunia kerja mungkin salah satunya adalah mengenai tugas staff administrasi umum.

Terlebih, saat ini semakin banyak perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan tersebut. Mungkin, saat mendengar kata “adminsitrasi”, yang langsung terlintas di pikiran adalah pekerjaan yang berhubungan dengan masalah pengaturan keuangan.

Padahal sebenarnya tidak demikian, karena tugas seorang staff administrasi bukan hanya meliputi berbagai masalah yang berhubungan dengan keuangan saja melainkan juga membuat catatan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kepentingan perusahaan tempat dia bekerja.

Tugas Staff

Administrasi juga bukan hanya tanggung jawab pegawai atau saha saja melainkan jugas eluruh anggota atau karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Dalam hal ini, perusahaan tata usaha serta kegiatan administrasi yang baik secara langsung akan berdampak pada kinerja serta kredibilitas perusahaan itu sendiri.

Oleh sebab itu, proses seleksi seringkali berjalan cukup ketat karena perusahaan menginginkan staff administrasi yang memang benar-benar mampu bekerja dengan baik yang akan membantu perusahaan untuk berkembang.

Berikut adalah tugas staff adminsitrasi dalams ebuah perusahaan:

•    Bertanggung jawab kepada supervisor, manajer atau atasan.

•    Memiliki tugas pengawasan terhadap kebersihan tempat kerja dengan cara mengontrol hasil kerja petugas kebersihan.

•    Memberikan pengawasan terhadap keluar masuknya surat-surat, baik itu surat, piutang, surat utang, pemberitahuan maupun yang lain yang secara langsung berhubungan dengan perusahaan.Bahkan dia juga bertugas untuk memberikan balasan atas surat-surat tersebut.

•    Memastikan ketersediaan alat tulis dan kebutuhan kantor yang lain.

•    Membuat laporan mengenai ketersediaan barang.

•    Membuat layanan administrasi yang nantinya harus dilaporkan kepada manajer, supervisor atau atasan yang lain.

•    Membuat daftar rapat dan bahan-bahan yang diperlukan serta membuat seluruh agenda pertemuan para pimpinan.

•    Membuat perkiraan biaya yang secara langsung berhubungan dengan kegiatan administrasi yang nantinya akan digunakan oleh atasan untuk menentukan anggaran administrasi. Perkiraan biaya tersebut dibuat setahun sekali.

•    Memeriksa daftar absensi karyawan setiap bulan untuk diserahkan kebagian keuangan.

•    Dan, tugas staff administrasi umum yang terakhir adalah melakukan pembaharuan informasi administrasi.

Selanjutnya : Menentukan Bentuk Pemilikan Perusahaan
Sebelumnya: Profil Bank Artha Graha
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar