Tujuan Dan Manfaat Bimbingan Dan Konseling

Tujuan dan manfaat bimbingan dan konselingPada saat mengikuti pendidikan formal di sekolah, siswa akan dihadapkan pada berbagai mata pelajaran yang menambah khasanah pengetahuan mereka, namun selain mata pelajaran wajib juga terdapat ekstrakulikuler yang menambah pembinaan mental siswa dalam berorganisasi. Selain itu ada juga bimbingan konseling, tujuan dan manfaat bimbingan dan konseling adalah untuk mengembangkan kepribadian siswa serta mengetahui lebih lanjut mengenai minat dan bakatnya.

Bimbingan Konseling Di Sekolah

Loading...

Siswa pada dasarnya harus menguasai berbagai aspek pembelajaran mulai dari aspek afektif, kognitif, hingga psikomotor. Maka dari itu kurikulum dan ekstrakulikuler di sekolah dibangkitkan untuk mencapai ketiga aspek tersebut, hal ini tentu sejalan dengan tujuan dan manfaat bimbingan dan konseling yang ingin merangkul siswa dalam mengambangkan setiap potensi penting yang dimilikinya untuk menunjang pendidikan pada 3 aspek tersebut.

Guru BK akan memberikan arahan pada siswa mengenai kemampuan yang siswa tersebut miliki untuk memilih jurusan yang akan diambil. Misalnya ia memiliki kemampuan yang lebih mengenai teori dan hitungan maka guru BK akan mengarahkannya untuk memilih jurusan IPA, demikianhalnya pada siswa yang memiliki kemampuan lebih di bidang bahasa maka ia akan diarahkan pada jurusan bahasa.

Guru BK akan menilai kemampuan siswa lewat psikologisnya, selain itu hasil tes IQ juga akan memberikan gambaran pada guru BK mengenai cara untuk mengarahkan seorang siswa. Jadi jika Anda berpikir bahwa saran yang diberikan guru BK kurang Anda sukai, sebaiknya Anda mulai mengenali potensi diri sendiri. Misalnya Anda mengetahui bahwa kemampuan yang paling menonjol dari diri Anda adalah sejarah, sedangkan kemampuan yang paling sulit Anda kuasai adalah matematika. Maka jangan salahkan guru BK jika ia merekomendasikan Anda untuk mengambil jurusan IPS.

Jika Anda memaksakan diri untuk masuk jurusan IPA karena seluruh teman baik Anda masuk IPA, maka potensi yang Anda miliki akan sia-sia dan Anda akan dihadapkan pada ketimpangan kemampuan. Padahal jika Anda masuk jurusan IPS tidak menutup kemungkinan di kemudian hari Anda bisa menjadiahli sejarah yang memberikan sumbangsih bagi negara.

Demikianlah penjelasan mengenai tujuan dan manfaat bimbingan dan konseling. Semoga bermanfaat bagi Anda yang kini sedang kebingungan untuk memilih jurusan. Jangan pernah ragu untuk melakukan konsultasi pada guru BK jika ada beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan di sekolah yang tidak Anda mengerti.

Loading...
Selanjutnya : Mengenai Apakah Penyakit Asam Urat Bisa Mematikan
Sebelumnya: Membuat Puisi Tentang Peristiwa Bencana Alam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar