Tujuan Dan Manfaat Bimbingan Konseling


Tujuan dan manfaat bimbingan konseling merupakan bahasan penting bagi para calon konselor, konselor maupun orang tua dalam bingkai keluarga. Hal itu memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan diri anak dalam menjalani masa perkembangan dan pertumbuhannya mencapai cita-cita masa depannya.

Karenanya, mengetahui definisi sekaligus tujuan serta manfaat dari bimbingan konseling dibutuhkan sejak awal.

Definisi Bimbingan Konseling

Sebelum lebih jauh kita mengetahui tujuan sekaligus manfaat dari bimbingan konseling, maka alangkah baiknya dipahami terlebih dulu apa saja definisi dari bimbingan, konseling, macam bimbingan konseling maupun hal lainnya.

Definisi bimbingan yakni salah satu cara untuk membantu seseorang lebih kenal dengan beragam informasi mengenai pribadinya. Sedangkan definisi konseling yakni suatu bentuk upaya memberikan bantuan kepada klien dari seorang konselor melalui wawancara konseling. Biasanya klien tersebut mencari pemecahan terhadap masalah yang sedang dihadapinya.

Lalu, apa sebenarnya definisi bimbingan konseling? Bimbingan konseling yakni suatu bentuk pelayanan berupa pemberian bantuan kepada klien seperti siswa (baik perorangan maupun kelompok). Hal tersebut guna menjadikan diri mereka mandiri serta mampu bersosialisasi dengan lingkungan secara optimal. Oleh karena itu, selain memaksimalkan peran bimbingan konseling melalui konselornya, orang tua dalam memaksimalkan peran keluarga juga harus ditingkatkan kualitasnya.

Bimbingan Konseling

Adanya bimbingan konseling tentunya semakin memudahkan orang tua menjalankan aktivitasnya dalam menjaga serta mengontrol perkembangan emosi anak serta sosialisasinya. Karenanya, tujuan maupun manfaat dari adanya bimbingan konseling berkaitan dengan macam-macamnya. Macam bimbinngan konseling sekaligus tujuan serta manfaat dari masing-masing antara lain:

  1. Bimbingan konseling akademik memiliki tujuan dan manfaat dalam menyiapkan mental anak didik sekaligus kemampuan mereka ketika akan menghadapi tujuan, memberikan motivasi yang tinggi kepada anak didik lebih bersemangat belajar.
  2. Bimbingan konseling pribadi memiliki tujuan dan manfaat dalam mengarahkan anak untuk mengamalkan pemahaman keimanan serta ketakwaannya, membantu mengarahkan anak menemukan pemecahan masalah yang dihadapinya, dan lainnya.
  3. Bimbingan konseling karier memiliki tujuan dan manfaat dalam memberikan pemahaman mengenai minat serta pengembangan bakat dirinya dan lainnya.
  4. Bimbingan konseling keluarga memiliki tujuan dan manfaat dalam meningkatkan peran aktifnya meraih kehidupan bahagia dan lainnya.

Semoga bahasan tujuan dan manfaat bimbingan konseling ini bermanfaat bagi pembaca. Sehingga dapat membantu memahami bagaimana teknik dan cara untuk membimbing seseorang atau bahkan anak didik di sekolah bagi yang menjadi seorang guru.

Selanjutnya : Cerita tentang Hutan Gundul
Sebelumnya: Dasar-Dasar Pendidikan Islam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar