Tujuan Manajemen dalam Pelayanan Publik


Tujuan manajemen dalam pelayanan publik tecermin dalam definisi dari manajemen pelayanan publik itu sendiri. Manajemen pelayanan publik adalah sebuah sistem yang berperan dalam peningkatan kinerja pelayanan publik melalui serangkaian usaha pengembangan sumber daya manusia.

Manajemen Pelayanan Publik

Adapun, tujuan manajemen pelayanan publik itu tertuang dalam amanat UU No 25 tahun 2009 yaitu tentang Pelayanan Publik dan Standar Pelayanan Minimal. Apa saja tujuan manajemen pelayanan publik tersebut? Tujuan manajemen pelayanan publik yaitu terealisasinya pelayanan pada publik (khalayak ramai) secara cepat, tepat, mudah, dan murah sesuai kebutuhan.

Manajemen pelayanan publik wajib diterapkan pada instansi-instansi pemerintah dan swasta yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat. Khususnya, pada bidang-bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, dan bidang-bidang pelayanan publik lainnya. Dampak langsung dari penerapan manajemen pelayanan publik adalah adanya peningkatan kinerja sumber daya manusia pelaksana dan kepuasan publik (masyarakat).

Fakta yang ada di lapangan dengan tujuan manajemen pelayanan publik ini seringkali tidak tercapai sebagaimana yang diharapkan. Pada umumnya, kendala disebabkan sumber daya manusia dalam manajemen pelayanan publik tidak mumpuni, tidak profesional, tidak menguasai hal-hal yang harus dilakukan, dan memiliki mental buruk dari oknum pelayan publik, khususnya di instansi-instansi pemerintah.

Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasi buruknya pelayanan public yang diberikan oleh para pelayan publik tersebut? Mungkin beberapa solusi berikut bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1. Pendidikan dan pelatihan yang cukup bagi petugas pelayan publik, agar mereka memahami dan terampil menjalankan tugas dan wewenangnya sebagai pelayan publik.

2. Penggemblengan mental dan karakter secara rutin pada petugas pelayan publik dan seluruh personal instansi publik tersebut.

3. Pemberian reward atau penghargaan pada pegawai yang kinerjanya baik dan hukuman atau sanksi yang wajar bagi mereka yang lalai.

4. Menyediakan ruang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhannya terhadap buruknya manajemen pelayanan publik yang diberikan oleh petugas.

Jadi, tujuan manajemen dalam pelayanan publik ini tidak lain adalah untuk memperbaiki kinerja petugas dan memberikan kenyaman pada publik (masyarakat). Jika pelayanan publik dilakukan dengan baik, maka masyarakat akan hidup dengan tertib dan teratur.

Selanjutnya : Beberapa Keunggulan Varian Daihatsu Terios
Sebelumnya: Masalah Persebaran Tenaga Kerja yang Tidak Seimbang di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar