Cara dan Tujuan Membuat RPP


Cara dan tujuan membuat RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran harus dikuasai seorang guru. Seorang guru profesional dituntut untuk dapat melakukan pembelajaran yang maksimal. Pembelajaran ini akan membuat tujuan pendidikan dapat berlangsung dengan baik. Salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan pembelajaran adalah dengan membuat perangkat pembelajaran, termasuk di dalamnya adalah dengan menetapkan tujuan membuat RPP.

Membuat RPP adalah salah satu tugas guru profesional. Diharapkan, dengan membuat RPP, tujuan pembelajaran dapat lebih terlaksana dengan baik. Beberapa hal berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan RPP.

1. Standar Kompetensi

Gambaran dari Standar Kompetensi (SK) merupakan indikator dari hal umum yang akan dicapai peserta didik setelah mengikuti pembelajara. Standar Kompetensi biasanya juga disejajarkan dengan Kompetensi Dasar. Di dalam RPP, SK/KD ini di tulis di bagian pertama dari tujuan pembuatan RPP tersebut. Sebab, SK/KD akan memberikan gambaran yang utuh mengenai keseluruhan ketuntasan pembelajaran.

2. Tujuan Pembelajaran

Di dalam penulisan tujuan pembelajaran dalam RPP, akan tercantum beberapa hal yang harus dituntaskan oleh setiap peserta didik. Sebab, tujuan pembelajaran merupakan alat kemudi sebuah proses belajar-mengajar yang baik. apabila penulisan tujuan pembelajaran sudah cukup, dan jelas, maka dipastikan bahwa RPP tersebut dapat diimplimentasikan dengan baik di dalam proses pembelajaran.

3. Materi Pembelajaran

Penulisan pokok-pokok materi pembelajaran sangatlah diperlukan untuk dapat menacapai pembelajaran yang utuh dan lengkap. Materi pembelajaran adalah materi yang akan dijelaskan di dalam proses pembelajaran. Penulisan dari materi pembelajaran ini selain dituangkan di dalam poko-pokok yang tepat, juga harus memiliki sumber acuan dari SK/KD.

4. Pemilihan Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran akan menolong seorang guru untuk melakukan pembelajaran dengan cara yang maksimal. Beberapa metode yang bisa dipilih misalnya adalah metode Creative Learning, Basic Learning, dan lain-lain.

5. Langkah-Langkah Pembelajaran

Merupakan langkah yang akan ditempuh di dalam proses pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran haruslah ditulis dengan jelas dan singkat. Langkah-langkah pembelajaran ini akan membantu guru untuk mengarahkan proses kegiatan di dalam proses pembelajaran.

6. Sumber Belajar

Sumber belajara adalah semua benda yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Misalnya, internet, buku-buku, koran, alam sekitar, dan lain-lain.

7. Penutup

Penutup dalam proses pembelajaran adalah dengan memberikan kesimpulan dari pembelajaran hari itu. Disampaikan dengan memaparkan cara dan tujuan membuat RPP dengan cara yang menarik.

Selanjutnya : Perkembangan Saat Ini tentang Bola Voli
Sebelumnya: Cara Memutar Video yang Telah Kita Upload di Ponsel Android
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar