Tujuan Menyikat Gigi adalah Demi Kesehatan Mulut


Sikat gigi sebelum tidur selalu diterapkan di rumah oleh orang tua kita. Hal itu dilakukan untuk kedisiplinan menyikat gigi. Dalam sehari, kita setidaknya menyikat gigi sebanyak dua kali, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Tujuan menyikat gigi adalah untuk kesehatan mulut dan gusi kita. Selain itu, rajin menyikat gigi bisa menjauhkan kita dari segala gangguan mulut.

Apa yang Anda rasakan jika sedang sakit gigi? Nyeri dan perih? Sakit gigi bisa juga disebabkan karena tidak rajin menyikat gigi. Tujuan dari menykai gigi adalah untuk membersihkan gigi dari kotoran yang menempel pada gigi akibat makanan dan minuman. Menyikat gigi juga untuk mengusir bakteri yang menempel akibat makanan yang kita makan.Jika gigi kita bersih, penyakit akan menjauh.

Selain sakit gigi, gangguan gigi dan gusi yang kerap kali kita alami adalah gusi bengkak atau sariawan di mulut. Kotoran yang menempel di gigi bila tidak langsung disikat, lambat laun akan menutup bagian gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Kondisi gigi yang berlubang ini akan rentan dengan bakteri, sehingga bisa menyebabkan sakit gigi.

Pernah mendengar penyakit kanker rongga mulut? Nah, penyakit ini bermula dari sariawan yang tidak kunjung sembuh, ditambah dengan kurang merawat kebersihan gigi, sehingga menjadi kanker. Kanker ini sangat berbahaya karena pasien tidak merasakan nyeri sedikit pun, tetapi begitu diperiksa sudah memasuki stadium lanjut.

Menyikat gigi memang sepele, tetapi dampaknya sangat besar bila kita tidak telaten dan mematuhinya. Berikut tujuan lain dari menyikat gigi selain bisa terhindar dari berbagai penyakit mulut, gigi, dan gusi.

  • Membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel di gigi, terutama setelah mengonsumsi daging. Terkadang, serat daging yang menempel di sela gigi hanya bisa dibuang dengan sikat gigi.
  • Menjaga kebersihan email gigi yang bila tidak terawat dapat terkikis oleh sisa makanan yang menempel.
  • Menjauhkan gigi dari serangan plak dan karies gigi atau karang gigi.
  • Menyikat gigi tentu saja bisa menghilangkan bau mulut tak sedap.

Berdasarkan ulasan singkat di atas, jelas sekali jika tujuan menyikat gigi adalah penting untuk kesehatan mulut, gigi, dan gusi kita. Hidup sehat itu tidak sulit dan bisa dimulai dari hal yang kita anggap enteng, tetapi berpengaruh besar, yaitu dengan menyikat gigi. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Koleksi dan Tujuan Museum Gajah Didirikan
Sebelumnya: Tujuan Inflasi dalam Perekonomian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar