Tujuan Menyikat Gigi Untuk Kesehatan Mulut

Semasa kita masih kecil seringkali kita membantah saat ibu kita menyuruh untuk segera gosok gigi sebelum tidur. Padahal, menyikat gigi sebelum tidur sangat bermanfaat bagi semuanya. Apakah kita masih saja sulit membiasakan menyikat gigi sebelum tidur? Tujuan menyikat gigi adalah menjaga agar gigi kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit mulut.

Pada pembahasan kita kali ini akan mengangkat topik tentang tujuan menyikat gigi antara lain:

A. Mencegah gigi agar tidak berlubang

Setelah kita makan tentunya sisa-sisa makanan tersebut masih melekat pada gigi. Jika kita tidak membersihkan gigi tersebut secara rutin maka kotoran yang berasal dari sisa makanan tersebut mengakibatkan kuman. Kuman-kuman tersebut dapat menyebabkan terjadinya gigi berlubang.

B. Menghindari terjadinya bau mulut

Sisa-sisa makanan yang ada pada gigi akan menyebabkan bau mulut tak sedap jika tidak dibersihkan secara rutin. Sisa makanan yang terselip diantara gigi membusuk jika tidak segera dihilangkan ata disikat dengan baik.

C. Mencegah terjadinya karang gigi yang menempel

Jika sisa makanan yang ada pada gigi tidak segera dibersihkan secara rutin maka akan terjadi penumpukan karang yang ada pada gigi. Selain itu, karang gigi dapat mengubah warna keputihan gigi menjadi kotor. Jika karang gigi dibiarkan terus menumpuk maka lama-lama akan terjadi plak gigi yang susah untuk dihilangkan.

D. Mencegah terjadinya radang gusi

Tujuan menyikat gigi berikutnya adalah untuk mencegah terjadinya radang gusi yang ada pada mulut kita. Gigi yang terlalu kotor dapat menyebabkan kerusakan pada gusi dalam jangka waktu yang cepat. Kuman tidak hanya merusak gigi tetapi juga bagian di sekitarnya termasuk pada gusi jika kita tidak rutin menyikat gigi.

E. Meningkatkan rasa percaya diri

Rajin menyikat gigi sehari-hari dapat menambah rasa percaya diri. Gigi yang bersih biasanya bebas dari plak dan warna kekuning-kuningan. Apabila kita rajin menyikat gigi, kita lebih percaya diri saat mengobrol dan tersenyum dengan siapapun. Kita juga terhindar dari perasaan malu karena bau nafas tak sedap.

F. Menyegarkan Bau Nafas

Pasta gigi yang sering kita gunakan biasanya memiliki aroma kesegaran yang kuat. Nafas menjadi lebih segar apabila kita rutin menyikat gigi setiap hari, terutama sebelum tidur.

Tujuan menyikat gigi adalah mencegah gigi dari berbagai permasalahaan mulut mulai dari bau mulut, gigi berlubang dan gusi berdarah. Biasakan menyikat gigi secara teratur tiga kali sehari termasuk sebelum tidur agar kesehatan gigi kita tetap terjaga.

Selanjutnya : Manfaat dan Tujuan Pembuatan Sengkedan
Sebelumnya: Beragam Situs Merdeka On Line
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...