Tujuan Natrium Benzoat Ditambahkan ke dalam Makanan dan Minuman

Tujuan Natrium Benzoat ditambahkan ke dalam makanan adalah untuk pengawet. Biasanya digunakan di pelbagai produk makanan seperti kecap, saus, mentega, jus buah, sambal, sirup, dan jenis makanan ringan lainnya.

Natrium Benzoat dikenal dengan nama lain Sodium Benzoat atau Soda Benzoat. Natrium Benzoat sejatinya adalah garam asam Sodium Benzoic, merupakan lemak tak jenuh ganda yang kadar penggunaannya telah disetujui serta diatur dengan undung-undang kesehatan.

Natrium Benzoat sebagai pengawet (kuliner) digunakan oleh produsen minuman dan makanan sejak 80 tahun lalu. Selain mengawetkan, Natrium Benzoat juga miliki fungsi untuk meghambat pertumbuhan mikroorganisme.

Natrium Benzoat miliki rumus kimia C7H5NaO2. Natrium Benzoat memiliki bentuk berupa serbuk berwarna putih yang tidak miliki bau serta mudah larut dalam air. Namun Natrium Benzoat sukar larut di etanol.

Selain sebagai pengawet makanan, telah dijelaskan sebelumnya, Natrium Benzoat juga miliki fungsi untuk menghambat mikroorganisme.

Fungsi ini juga termasuk menghambat pertumbukan khamir serta kupang. Meski miliki banyak manfaat, Natrium Benzoat juga miliki dampak negatif pada tubuh manusia. Resiko buruk ini terjadi jika Natrium Benzoat digunakan dalam takaran yang tidak semestinya.

Selain penggunaan takaran yang tak sesuai, konsumsi makanan yang mengandung Natrium Benzoat secara terus menerus juga bisa mengakibatkan penyakit lupus, kanker, alergi syaraf, bahkan bisa merusak DNA.

Untuk itu masyarakat dihimbau agar tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung Natrium Benzoat. Boleh mengkonsumsinya asalkan sesekali saja atau tidak dalam jangka waktu cukup lama atau terus menerus.

Tak hanya Natrium Benzoat, banyak zat kimia berbahaya lain yang terkandung dalam makanan. Oleh karena itu konsumen harus lihai dalam mencermati pelbagai makanan yang mengandung zat-zat kimia ini.

Cara sederhana adalah dengan mengamati warna corak makanan. Jika warnanya terlalu mencolok, ada kemungkinan telah ditambahkan zat pewarna.

Ini juga berlaku untuk rasa. Jika miliki rasa tajam, sangat gurih dan membuat lidah Anda hingga bergetar, umumnnya makanan itu tidak aman.

Kriteria makanan aman dan tidak aman sangat variatif. Pengawet misalnya pada orang tertentu memunculkan reaksi alergi. Namun, pada orang lain tak memunculkan reaksi apa-apa.

Meski tujuan Natrium Benzoat ditambahkan ke dalam makanan untuk mengawetkan dan melindungi dari jamur, tetapi kita harus tetap waspada terhadap kandungan setiap zat kimia dalam makanan.

Selanjutnya : Pengertian Gambar Serta Penjelasan Tentang Pembagian Iklim Matahari
Sebelumnya: Pengelolaan Gaji di Manufaktur dan Perusahaan Dagang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...