Tujuan Organisasi Secara Umum Dalam Berbagai Bidang


Ketika Anda mengikuti suatu organisasi, sebenarnya tahukah Anda tentang tujuan organisasi secara umum? Kegiatan tentang berorganisasi, merupakan kegiatan yang positif untuk diikuti, terutama saat usia remaja. Pertama kali mengikuti kegiatan berorganisasi biasanya di bangku sekolah.

Banyak sekali manfaat yang akan diperoleh seseorang ketika mengikuti organisasi. Melalui kegiatan berorganisasi, maka seseorang akan mendapatkan berbagai macam pengalaman yang sangat luar biasa. Selain itu, seseorang akan mengembangkan bakatnya dalam memberikan ide yang cemerlang, di setiap kegiatan yang diadakan.

Pengertian organisasi

Organisasi berasal dari bahasa Yunani yaitu organon yang berarti alat. Dengan demikian pengertian dari organisasi yaitu merupakan suatu wadah yang berisi dengan kumpulan orang-orang yang sudah sepakat dalam memiliki tujuan bersama dalam sesuatu hal.

Banyak sekali periset dari berbagai bidang ilmu seperti ekonomi, sosiologi, psikologi, manajemen, dan ilmu politik, yang telah mempelajari organisasi. Studi organisasi, analisis organisasi atau perilaku organisasi merupakan istilah kajian tentang organisasi yang diadakan.

Tujuan organisasi

Dalam berorganisasi pastinya, memiliki tujuan yang akan dicapai bersama. Dalam hal ini, untuk dapat mencapai tujuan tersebut, seseorang dituntut untuk mampu memanage setiap kegiatan berorganisasi yang diadakan dengan ide yang cemerlang serta persiapan yang matang,  sehingga apa yang menjadi tujuan dalam berorganisasi dapat tercapai dengan sempurna.

Menurut Jati (2000) Dalam berorganisasi, sebaiknya mengikuti beberapa prinsip sebagai pedoman dalam memperlancar perkembangan organisasi yang diikuti. Prinsip yang dimaksud yaitu dengan melakukan kejelasan dalam merumuskan tujuan, pekerjaan dan tugas  harus dibagi rata, pemimpin organisasi yang terpilih berdasarkan atas kesepakatan bersama atau berdasarkan mufakat, memiliki prinsip kepemimpinan, melakukan pengawasan dalam berorganisasi, dan memiliki tanggung jawab dalam kesatuan perintah.

Berdasarkan atas sudut pandangan mereka yang berkepentingan, menurut Penow tujuan dalam berorganisasi dapat dibedakan menjadi 5, yaitu sebagai berikut:

a.    Memiliki tujuan dalam keluaran
b.    Memiliki tujuan dalam produk
c.    Memiliki tujuan dalam kemasyarakatan
d.    Memiliki tujuan dalam turunan
e.    Memiliki tujuan dalam sistem

Demikian informasi yang berkaitan dengan tujuan organisasi secara umum. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda dalam berorganisasi. Terima kasih.

Selanjutnya : Sejarah Telepon, Penemuan Pertama Kali Hingga Penemuan Telepon Dial
Sebelumnya: Permasalahan yang Terjadi di Masyarakat Madani
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar