Tujuan Partai Politik Adalah : Pengertian dan Tujuan


Tujuan partai politik adalah hal yang perlu dirumuskan dalam proses pendirian partai politik. Baik tujuan secara umum ataupun tujuan secara khusus. Setiap partai politik secara spesifik pasti memiliki tujuan sendiri-sendiri. Namun, secara garis besar tujuan akhir yang ingin dicapai masih berada dalam satu konteks yang sama, yaitu berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan negara.

Tujuan Umum

Baik, pada sub bab pertama ini akan dibahas tentang tujuan partai politik secara umum. Tujuan partai politik secara umum berkaitan dengan hal-hal yang ingin diwujudkan oleh partai politik dalam sekup yang lebih luas. Seperti hal-hal yang ingin diwujudkan untuk kemajuan bangsa dan negara.

Tujuan partai politik secara umum bisa dijabarkan sebagai berikut:
–    Mengembangkan kehidupan berdemokrasi
Partai politik adalah sebuah instrumen demokrasi di Indonesia. Sehingga, secara tidak langsung partai politik adalah salah satu wadah untuk mengembangkan kehidupan berdemokrasi di Indonesia.
–    Mewujudkan cita-cita bangsa yang termaktub dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.
–    Memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
–    Membantu mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Tujuan besar partai politik seharusnya beririsan dengan cita-cita bangsa Indonesia. Apa cita-cita bangsa Indonesia? Cita-cita bangsa Indonesia sudah dirumuskan dengan indah oleh para pendiri bangsa ini. Yaitu sebagaimana yang termaktub dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

Tujuan Khusus

Selain tujuan umum, partai politik juga harus memiliki tujuan secara khusus. Apa bedanya tujuan partai politik secara umum dengan tujuan partai politik secara khusus? Jika tujuan partai politik secara umum lebih menekankan pada kepentingan yang lebih luas, yakni bangsa dan negara. Maka, tujuan partai politik secara khusus lebih bersifat spesifik. Lebih menekankan pada apa-apa yang ingin dicapai oleh partai politik tersebut dalam ruang lingkup partainya sendiri.

Tujuan partai politik secara khusus meliputi berbagai hal, diantaranya yaitu:
–    Mewujudkan cita-cita partai
–    Membangun budaya dan etika politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
–    Memberikan pendidikan politik dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan politik dan pemerintahan di negara Republik Indonesia.

Jadi, tujuan partai politik adalah sesuatu yang ingin diwujudkan oleh individu-individu yang ada dalam partai tersebut. Hal-hal yang melatarbelakangi atau memotivasi mereka semenjak awal mendirikan partai tersebut. Adanya tujuan bersama yang ingin diwujudkan di bawah bendera partai inlah yang mengikat para kadernya untuk loyal.

Selanjutnya : Budidaya Ikan Cupang
Sebelumnya: Bopeng Bekas Cacar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar