Tujuan Pembangunan Tembok Raksasa Cina


Tembok raksasa yang ada di Negara Cina merupakan salah satu keajaiban dunia. Tujuan pembangunan tembok raksasa Cina ini adalah untuk pertahanan bangsa Cina atas ancaman serangan dari bangsa Mongol. Pada masa pembangunan tersebut, dunia masih sering menghadapi peperangan dari berbagai wilayah untuk berbagai tujuan.

Bangunan tembok raksasa Cina ini sudah didaftarkan sebagai salah satu keajaiban dunia dan termasuk ke dalam daftar situs warisan dunia, sebagaimana Candi Borobudur di Indonesia. Penetapan ini sendiri dilakukan sejak tahun 1987, sehingga bangunan tersebut harus dilindungi.

Bangunan ini diyakini merupakan bangunan terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Dalam penelitian yang dilakukan, diketahui panjang tembok raksasa di Cina ini mencapai 8.850 kilometer. Demikikian besarnya bangunan ini, sehingga sempat muncul keyakinan bahwa tembok raksasa tersebut bisa dilihat dari ruang angkasa, termasuk dapat dilihat tanpa menggunakan alat bantuan apa pun juga.

Namun demikian, dari berbagai uji coba yang dilakukan dalam penerbangan ruang angkasa didapatkan fakta bahwa keyakinan tersebut tidak terbukti.  Mitos bahwa tembok raksasa tersebut bisa dilihat dari bulan pun terpatahkan setelah pada 2004, seorang astronot dari Cina memberikan kesaksiannya. Menurut astronot bernama Yang Li wei, saat berada di ruang angkasa, dirinya tidak melihat bangunan apa pun di bumi, termasuk tembok raksasa yang ada di negerinya.

Pembangunan

Begitu besarnya ukuran tembok raksasa di Cina, sehingga untuk membangunnya pun membutuhkan waktu yang sangat lama. Tembok ini baru selesai dibangun setelah melalui empat masa dinasti, yaitu sebelum dinasti Qin, pada saat dinasti Qin, Dinasti Han, dan dinasti Ming. Tembok yang terlihat pada saat ini, sebagian besar merupakan bangunan yang dibuat pada saat pemerintahan dinasti Ming berkuasa.

Pada masa dinasti Ming berkuasa, pembangunan tembok raksasa tersebut mengalami penyempurnaan. Hal ini berkaitan dengan adanya tujuan pembangunan tembok raksasa tersebut, sebagai benteng pertahanan negara. Mengingat ketika dinasti Ming berkuasa, Negara Cina terlibat peperangan dengan bangsa Mongol. Selain itu, tembok raksasa tersebut juga dimanfaatkan sebagai jalur transportasi, selain fungsi utamanya sebagai alat pertahanan negara.

Selanjutnya : Tuliskan Klasifikasi Tumbuhan Dikotil dan Contohnya
Sebelumnya: Koleksi dan Tujuan Museum Gajah Didirikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar