Tujuan Pembuatan Makalah


Makalah merupakan karya tulis yang dibuat oleh seseorang yang membahas tentang masalah tertentu, baik berupa kajian kepustakaan atau laporan dari praktek langsung di lapangan. Umumnya makalah ini dibuat oleh para pelajar atau para mahasiswa.

Tujuan pembuatan makalah ini biasanya dikerjakan sebagai tugas akhir sekolah atau perkuliahan. Biasanya makalah yang dibuat akan dipresentasikan dan dijelaskan lebih lanjut di depan kelas.

Ruang lingkup makalah biasanya tergantung kepada mata kuliah atau pelajaran yang ditugaskan untuk membuat makalah. Dalam membuat makalah para siswa atau mahasiswa harus betul-betul memahami kajian isi dari makalah serta harus tahu berbagai sumber rujukan yang digunakan sehingga menjadi sebuah makalah. Dalam pembuatan makalah biasanya tersusun dari kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, pembahasan, penutup, daftar pustaka dan lampiran-lampiran jika ada.

Kata pengantar adalah bagian pembukaan dari sebuah makalah yang biasanya berisi ucapan terima kasih dari penulis atas bantuan dari pihak-pihak sehingga terselesaikannya makalah tersebut, serta biasanya dijelaskan maksud dari pembuatan makalah.

Pendahuluan menjelaskan tentang latar belakang masalah yang akan dibahas dalam makalah, rumusan masalah yang akan dibahas, serta tujuan atau manfaat dibuatnya makalah tersebut. Sedangkan dalam pembahasan menjelaskan tentang inti dari makalah dan menjawab rumusan masalah yang terdapat dalam pendahuluan.

Dalam pembahasan tersebut bisa digunakan referensi yang menunjang pembahasan. Penutupan makalah biasanya berisi tentang kesimpulan dari pembahasan dalam makalah serta saran dari penulis yang mengacu pada isi makalah.

Terakhir dalam pembuatan makalah tersebut adalah daftar pustaka yang berisi tentang sumber atau bahan rujukan dalam penulisan makalah. Bahan rujukan ini bisa diambil dari buku, internet, surat kabar dan dari sumber lainnya yang terpercaya.

Untuk melengkapi data-data dalam pembuatan makalah bisa memuat lampiran sesuai dengan data yang ada, baik berupa angka, grafik maupun berupa gambaran lainnya. demikian proses pembuatan makalah dan apa saja yang harus ada dalam makalah. Semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak membuat makalah sehingga tujuan pembuatan makalah dapat tercapai dengan baik dan memuaskan.

Selanjutnya : Asinan Bogor Adalah Jajanan Jadul di Bogor
Sebelumnya: Pengertian Kontemporer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar