Tujuan Pernikahan Menurut Islam


Tujuan pernikahan menurut Islam sudah barang pasti harus menjadi panutan bagi setiap muslim. Menikah bukan sesuatu yang biasa saja dan wajar, tetapi harus dilandaskan pada tujuan yang jelas. Tujuan yang jelas dalam pernikahan tentu akan memberikan banyak jalan saat biduk rumah tangga mulai dikayuh.

Tujuan Pernikahan

Islam adalah agama yang mulia dan memberikan tuntunan lengkap bagi umatnya. Di dalam ajaran Islam dibahas semua aspek kehidupan tanpa terkecuali, termasuk di dalamnya pernikahan. Pernikahan menjadi salah satu objek kajian Islam, sebab sudah menjadi fitrah manusia untuk berkembang biak lewat pernikahan.

Tujuannya sangat jelas, tetapi sebagai manusia yang dikaruniai akal dan pikiran tentu ada tujuan lebih dari sekedar berkembang biak. Berikut adalah tujuan pernikahan menurut Islam.

  1. Memenuhi naluri kemanusiaan. Setiap makhluk di muka bumi sudah tentu diberikan keinginan untuk berpasangan, begitu pula manusia. Namun, manusia harus menyalurkan hal tersebut secara terhormat lewat pernikahan.
  2. Membentengi akhlak dan menundukkan pandangan. Pernikahan bisa membuat orang baik wanita atau pria, lebih menjaga diri.
  3. Membentuk keluarga yang Islami. Pernikahan mempertemukan dua keluarga muslim, sehingga dari keluarga ini kekuatan Islam terbangun. Setelah lahir keturunan dari pernikahan, maka ajaran Islam akan diteruskan dari keluarga Islami ini. Dari keluarga Islami yang terbentuk, maka Islam menjadi lebih kuat dan membesar.

Keistimewaan Wanita dan Pria yang Telah Menikah

Seseorang yang telah menikah, ternyata dalam Islam akan memperoleh kemuliaan yang besar, asal semua dilakukan karena Allah semata. Beberapa keistimewaan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Bagi Pria

  • Setiap memikirkan nafkah bagi keluarganya, maka dihitung berjihad.
  • Berbaik hati pada istrinya, maka akan memperoleh pahala berlimpah.
  • Nafkah yang diberikan kepada keluarganya senilai dengan sodaqoh.
  • Pekerjaan halal yang dilakukannya untuk menghidupi keluarganya, akan diberikan pahala yang berlimpah.

2. Bagi Wanita

  • Wanita yang patuh dan selalu menggembirakan suaminya akan beroleh pahala yang melimpah.
  • Saat mengandung hingga melahirkan dikaruniakan pahala berlimpah yang senilai dengan jihad di jalan Alloh.
  • Seorang ibu yang dengan ikhlas menyusui anaknya, maka Alloh akan karuniakan pengampunan dan pahala yang besar.

3. Bagi Keduanya

  • Nilai ibadahnya menjadi berlipat dibandingkan saat sendirian.
  • Apabila memilik anak yang sholeh, maka sudah barang tentu menjadi amal yang tidak terputus.

Demikian beberapa keistimewaan dan tujuan pernikahan menurut Islam. Apakah Anda sudah mempersiapkan diri untuk menikah? Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Cara Private Camfrog
Sebelumnya: Obat Flu Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar