Tujuan RPP Lembaga Keuangan Non Bank


Apa itu RPP lembaga keuangan non bank? Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menurut Direktorat PSMK (2008:7-13) adalah rencana yang menggambarkan prosedur serta pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.

Susunan RPP ini memuat tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Penjabaran RPP dalam silabus mengarahkan agar kegiatan belajar para peserta didik mampu mencapai kompetensi dasar.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan proses pembelajaran yang interaktif, inspiratif, memotivasi peserta didik, serta menciptakan kemandirian.

Secara umum, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) diartikan sebagai rancangan pembelajaran materi yang diterapkan guru dalam proses belajar di kelas.

RPP disusun agar guru yang bersangkutan mampu menerapkan materi pelajaran secara terprogram dan mengetahui tingkat kemampuan seorang guru dalam melaksanakan tugasnya.

Rencana pembelajaran ini sebaiknya memiliki daya penerapan yang tinggi pada siswa. Dengan demikian, hasil yang diharapkan dapat tercapai.

Adapun tujuan penyusunan RPP untuk lembaga keuangan non bank adalah memberikan kesempatan pada pendidik agar merencanakan pembelajaran secara interaktif untuk menggali potensi yang dimiliki oleh peserta didik dalam bidang perbankan.

Tujuan lain adalah memudahkan pelaksanaan proses belajar peserta didik dengan susunan rancangan yang lengkap. Selanjutnya, yaitu mempermudah evaluasi proses pembelajaran untuk perbaikan dan penyusunan RPP selanjutnya.

RPP juga memberikan kesempatan peserta didik dalam membuat rancangan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta, kemampuan tenaga pendidik, serta fasilitas yang tersedia.

Selain itu, dari RPP ini para peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi dan menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan lembaga keuangan non bank.

Simulasi dan praktek kegiatan dilakukan di Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Tujuan akhirnya yakni dapat mendeskripsikan pengertian LKBB, fungsi, peranan, dan daftar produk LKBB di wilayah sekitar peserta didik.

Standar kompetensi RPP yaitu memahami peranan lembaga keuangan non bank dan perdagangan. Kompetensi dasar RPP bersumber dari deskripsi lembaga keuangan non bank.

Indikatornya berupa identifikasi sejarah, syarat, tugas, fungsi, produk-produk lembaga keuangan non bank, serta membuat contoh lembaga keuangan bukan bank di wilayah sekitar. Metode pembelajaran dengan cara diskusi, tanya jawab, simulasi, serta survey.

Materi pembelajaran setiap pertemuan membahas materi yang sudah disusun dalam RPP lembaga keuangan non bank dan bersumber dari kantor LKBB dan buku pelajaran.

Terakhir adalah prosedur penilaian pembelajaran dilihat dari tes tulis, praktikum, quiz, observasi, dan penugasan. Penilaian lainnya meliputi tes uraian, daftar pertanyaan, tugas rumah, skala sikap, serta pedoman observasi. Semoga bermanfaat !

Selanjutnya : Cerita Liburan ke Rumah Nenek di Desa
Sebelumnya: Cerita Inspiratif Pergantian Pemimpin
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar