Tujuan Utama Keselamatan Kerja

Setiap perusahaan tentu saja harus mengutamakan keselamatan kerja para karyawannya. Hasil kerja tidak akan maksimal, jika keselamatan kerja karyawan tidak terjamin.

Hal ini dikarenakan, tujuan utama keselamatan kerja adalah menjamin kesempurnaan hasil produksi dan keselamatan karyawan. Keselamatan kerja bukan hanya berkutat untuk menjaga keselamatan tenaga kerjanya.

Loading...

Di samping itu, keselamatan kerja bertujuan untuik mencegah terjadinya kecelakaan saat kerja, sehingga memungkinkan karyawan untuk meningkatkan efisiensi kerja.

Tindakan keselamatan kerja pada dasarnya menjamin kesehatan jasmani dan rohani para karyawan. Selain itu, keselamatan kerja juga menunjang untuk meningkatkan kesejahteraan para karyawan.

Dalam rangka menjaga keselamatan kerja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama adalah melakukan berbagai langkah pencegahan terjadinya kecelakaan saat bekerja.

Kedua, mengurangi atau mencegah hal-hal yang menimbulkan penyakit saat bekerja. Ketiga, mencegah terjadinya cacat pada karyawan saat bekerja.

Keempat, menjaga kualitas mesin produksi dan keamanannya. Kelima, menjaga keamanan mesin agar tidak menimbulkan kecelakaan bagi para karyawan.

Semua langkah tersebut dilakukan dalam rangka menjaga kualitas produksi dan kesehatan para karyawan. Hal ini dikarenakan, kualitas hasil produksi bergantung pada kesehatan karyawan.

Karyawan yang sehat tentu akan menghasilkan produksi yang lebih banyak dan berkualitas. Sebaliknya, karyawan yang sakit, hasil kerjanya tidak bisa maksimal karena gangguan penyakit tersebut. Keselamatan kerja pada dasarnya bukan tanggung jawab perusahaan saja, melainkan juga karyawan itu sendiri.

Standar Keselamatan Kerja

Setiap perusahaan tentu harus memerhatikan standar keselamatan kerja dengan baik. Untuk itu, seharusnya berbagai langkah pencegahan dilakukan. Langkah pencegahan yang dimaksud di sini adalah pengamanan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.
Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal pengamanan. Pertama, karyawan harus menggunakan pelindung badan.

Pelindung badan yang dimaksud adalah pelindung bagian telinga, mata, kaki, kepala, hidung, dan tangan. Kedua, karyawan digunakan untuk menggunakan pelindung mesin.

Pelindung mesin bermanfaat untuk melindungi mesin mencelakai karyawan. Ketiga, alat pengamanan listrik. Seperti yang diketahui, listrik sangat sensitif dan kemungkinan besar dapat melukai para karyawan. Oleh karena itu, perusahaan harus ekstra hati-hati dalam mengamankan listrik.

Keempat, pengamanan ruang. Pengamanan ruang yang dimaksud di sini meliputi sistem alarm, ventilasi udara, penerangan ruangan, dan pemadam kebakaran.

Demikianlah artikel seputar tujuan utama keselamatan kerja. Semoga informasi yang di atas bermanfaat bagi para pembaca.

Loading...
Selanjutnya : Mengetahui Cara dan Syarat Over Kredit Rumah
Sebelumnya: Kumpulan Kata-kata Mutiara dalam Lagu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar