Penjelasan Mengenai Tumbuhan Paku Pakis dan Nama Ilmiah


Di dunia ini banyak sekali jenis tumbuh-tumbuhan, salah satunya jenis tumbuhan paku pakis. Tumbuhan paku pakis ada banyak jenisnya, semuanya memiliki nama ilmiah yang berbeda-beda. Inilah beberapa tumbuhan paku pakis dan nama ilmiah beserta penjelasan mengenai tumbuhan paku tersebut.

• Tumbuhan Pakis Haji

Pakis haji memiliki nama ilmiah Cycas Rumphii. Pakis haji ini dikenal dengan nama sikas. Merupakan tumbuhan yang ada dalam kelompok biji terbuka. Adadalam marga pakis haji atau yang disebut Cycas. Tumbuhan ini adalah satu-satunya genus dalam suku pakis haji atau Cycadaceae.

Spesies tumbuhan ini yang diketahui oleh masyarakat Indonesia adalah yang bisa ditanam, yaitu palem, sikas Jepang, dan Cycas Javana. Habitat pakis haji mirip dengan palem, walaupun kekerabatannya sangatlah jauh.Kemiripan keduanya ada pada susunan anak daunnya yang sama-sama tersusun secara berpasang-pasangan.

Pakis haji seluruhnyaberumah dua atau yang disebut dengan dioecious, yang membuat ada jenis tumbuhan yang betina dan jantan. Tumbuhan jantan selalu menghasilkan serbuk sari yang berasal dari ujung batangnya.Untuk betinanya memiliki alat yang mirip dengan daun. Biji-bijiannya tumbuh dari sampingnya.

Alat betina letaknya ada di sela-sela dari ketiak daun. Walaupun tumbuhan paku pakis ini bernama “pakis” dan memiliki daun yang melingkar sama seperti pakis sejati. Namun, sebenarnya tumbuhan ini bukan salah satu anggotanya.

• Tumbuhan Pakis Rawa

Tumbuhan pakis rawa memiliki nama ilmiah Ceratopteris thalictroides. Di Indonesia nama umum dari tumbuhan ini adalah paku rawa, paku tespong, dan paku roman. Klasifikasi dari tumbuhan paku ini adalah sebagai berikut:

 Kingdomnya adalah Plantae atau tumbuhan.

 Subkingdomnya adalah Tracheobionta atau tumbuhan berpembuluh.

 Divisinya adalah Pteridophyta atau paku-pakuan.

 Kelasnya adalah Pteridopsida.

 Sub kelasnya adalah Polypoditae.

 Ordonya adalah Polypodiales.

 Familinya adalah Parkeriaceae.

 Genusnya adalah Ceratopteris.

 Spesiesnya adalah Ceratopteris thalictroides Brongn.

Katanya, tumbuhan pakis haji ini bisa menyembuhkan penyakit anemia. Sesuai dengan penelitian yang menyebutkan bahwa setiap 100 gramnya mengandung 291,32 mg zat besi.

Jumlah gizi tersebut lebih besar dibandingkan dengan sumber zat besi yang menyumbangkan jumlah banyak lainnya seperti bayam merah, kacang merah, serta hati ayam.Itulah beberapa jenis tumbuhan paku pakis dan nama ilmiah. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda.

Selanjutnya : Cara Download Google Earth Terbaru
Sebelumnya: Standarisasi Desain Rumah Sakit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar