Tumbuhan Perintis yaitu Lumut


Bagi orang-orang yang hidup di negara tropis pasti mengenai lumut. Tumbuhan yang sering disebut dengan tanaman pengganggu karena bisa menyebabkan suatu tempat kotor ataupun licin. Salah satu tumbuhan perintis yaitu lumut, sebenarnya kaya akan manfaat dan kegunaan bagi manusia.

Lumut

Lumut yang biasanya hidup di bebatuan dan lumut membutuhkan kandungan mineral yang ada di bebatuan tersebut untuk mendukung proses berlangsung pertumbuhan. Bahkan sebuah batu besar bisa pecah karena ditumbuhi oleh lumut dan hal ini disebabkan oleh adanya zat asam yang dikeluarkan lumut sehingga dapat menghancurkan batu.

Manfaat lain dari lumut adalah koloni atau keluarga dari tumbuhan perintis yang sudah mati tidak hanya mati saja atau mengering akan tetapi didalam tumbuhan perintis yang sudah mati tersebut akan tersedia sumber organik yang lama-kelamaan akan menjadi tanah dan kemudian hari akan dimanfaatkan oleh tumbuhan lain dan menjadi proses baru kembali bagi mereka ke lingkungan yang semula ekstrim. Akan tetapi masing-masing lumut mempunyai karakter dan jenisnya sendiri.

Jenis Lumut

Berikut ini adalah jenis-jenis lumut :

-    Lumut Tanduk mempunyai nama latin Anthocerotopsida yang memiliki ciri tidak punya pembuluh. Lumut jenis ini bisa ditemui di sekitar kita karena banyak ditemukan di selokan rumah kemudian ada di sekitar danau.

-    Lumut Hati mempunyai bahasa latin Hepaticopsida.ciri dari lumut ini antara lain permukaan daun mempunayi warna hijau yang lebih terang ketimbang bagian bawah daun. Sel dari sebagian lumut hati mempunyai kandungan minyak astiri.

-    Lumut daun mempunyai nama latin yaitu Bryopsida yang merupakan jenis lumut sejati karena komposisi daun dan batang yang lengkap seperti tumbuhan yang lain. Sedangkan untuk penyerbukan lumut ini menggunakan air hujan sebagai pengganti hewan seperti kupu-kupu atau lebah.

-    Lumut Kerak tumbuhan jenis ini biasa hidup di batuan keras dan cenderung kering. Lumut kerak biasanya dijadikan parameter pencemaran udara, karena tumbuhan ini tidak bisa hidup di tempat dengan polutan tinggi.

Manfaat Tumbuhan Lumut

Manfaat tumbuhan lumut bagi manusia antara lain :

-    Obat-obatan. Lumut Kerak sudah sejak dulu dijadikan indikator PH, Lumut kerak yang mengeluarkan asam usnin yang digunakan obat anti biotik.Di Cina 40 jenis lumut digunakan warganya untuk dijadikan bahan obat seperti obat gatal dan penyakit lain yang mayoritas disebabkan oleh bakteri dan jamur.

-    Dapat menyerap dan menyediakan cadangan air.

-    Mencegah Erosi

-    Jenis lumut tertentu juga bisa dijadikan interior rumah.

Itu adalah jenis dan manfaat tumbuhan perintis yaitu lumut untuk manusia. Semoga bermanfaat dan tidak hanya memandang lumut sebagai tumbuhan pengganggu.

Selanjutnya : Latar Belakang Filsafat Abad Pertengahan
Sebelumnya: Singkatan Nama Orang Gaul Vs Bahasa Alay
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar