Tunisia

Informasi mengenai sebuah negara akan sangat dibutuhkan ketika seseorang berencana untuk mengunjungi, ataupun berkepentingan dengan negara tersebut seperti peneliti, sejarawan, pelajar, diplomat, pengusaha, calon tenaga kerja. Bagi anda yang ingin telah merencanakan traveling ke Tunisia atau bahkan tinggal di sana, ada baiknya untuk menyimak informasi singkat tentang Tunisia berikut ini.

Tunisia merupakan sebuah negara Islam yang terletak di kawasan Afrika bagian utara. Negara ini berbatasan dengan Libya dan Aljazair. Tunisia pernah cukup lama dijajah oleh negara Perancis yaitu sekitar 75 tahun. Nama lain Tunisia adalah Al Jamhuriyyah at Tunisiyyah. Tunisia merupakan negara berbentuk republik dengan ibukota negara bernama Tunis. Tunisia diperintah oleh seorang presiden yang saat ini dijabat oleh Beji Caid el Sebsi.

Tokoh-Tokoh Terkenal Tunisia

Negara Tunisia cukup identik dengan nama Ibnu Khaldun. Karena sungguh merupakan suatu kehormatan bagi Tunisia karena tokoh besar ini berasal dari sana.

Ibnu Khaldun atau dikenal juga dengan Abd Al-Rahman Ibn Muhammad Ibn Khaldun adalah seorang ilmuwan Islam yang hidup dalam rentang tahun 1332 M hingga 1395 M. Dengan nama lengkap Abd al-Rahman ibn Muhammad ibn Muhammad ibn Abi Bakr Muhammad ibn al-Hasan Ibn Khaldun , beliau lahir pada tanggal  27 Mei 1332 di Tunisia. Keluarga beliau merupakan keluarga berada yang mampu memberikan pendidikan yang terbaik untuk Ibnu Khaldun.

Beliau dikenal sebagai bapak sejarah, kebudayaan serta sains. Semasa hidupnya Ibn Khaldun pernah menjabat sebagai Duta Raja Moor  pada tahun 1363 M. Beliau juga pernah menjadi pengajar di Universitas Al-Azhar serta pernah menjadi Hakim Diraja.

Karyanya terbesar Ibn Khaldun adalah Muqaddimah yang berisi tentang sejarah orang-orang Barber dan Arab. Ibn Khaldun juga berjasa dalam bidang ekonomi dan perdagangan. Di bidang ini,  Ibn Khaldun  menemukan teori nilai serta kaitannya dengan tenaga buruh. Dia juga  memperkenalkan tentang sistem pembagian tenaga dan banyak hal lainnya. Selain itu  Ibn Khaldun juga terkenal dalam karyanya di bidang sosiologi, numerologi, astronomi, sejarah dan kimia. Ilmuwan besar dari Tunisia ini wafat di Kaherah, Mesir pada tanggal  17 Maret 1406 M.

Tokoh lain asal Tunisia yang juga berpengaruh selain Ibnu Khaldun adalah Muhammad Talbi, Khairuddin At-Tunisi dan Rachid Ghannouchi. Para tokoh ini merupakan sebagian dari sejumlah tokoh terkenal yang ikut mengharumkan nama Tunisia.

Loading...
Selanjutnya : Disebut Apa Medium Yang Menghantarkan Listrik?
Sebelumnya: Design Pernikahan Sederhana yang Elegan dan Mewah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar