Turki Ada Di Benua Apa?


Negara Turki adalah negara di mana menjadi daerah pemerintahan Islam sebelum akhirnya pemerintahan tersebut diruntuhkan pada tahun 1924. Turki menjadi negara yang begitu istimewa karena memang lokasi negaranya berada di dua benua. Lalu, Turki ada di benua apa?

Posisi Turki di Dunia

Dikatakan bahwa Turki adalah sebuah negara yang memiliki luas wilayah 783 ribu kilometer persegi. Luas ini dipenuhi dengan keadaan bentang alam berupa air sebanyak 13 persen. Kepadatan penduduk juga dikatakan masih normal untuk luas wilayah ini.

Dengan luas wilayah yang dimaksudkan, negara Turki ini terletak di antara dua benua, yaitu benu Asia dan benua Eropa. Inilah yang kemudian membuat Turki mendapat sebutan sebagai sebuah negara Eurasia.

Wilayah dari Turki ada terbentang dari Semenanjung Anatolia yang berada di kawasan Asia Barat Daya dan sampai ke daerah Balkan yang ada di kawasan Eropa Tenggara. Inilah yang memang membuat Turki berada di dua persilangan benua.

Negara Turki ini kemudian dikenal dengan sebutan negara transkontinental. Hal ini karena memang keberadaan dari Turki dijadikan sebagai penanda batas antara wilayah benua Eropa dan Asia karena memang lokasinya yang terletak di antara dua benua ini. Inilah jawaban untuk pertanyaan, Turki ada di benua apa?

Pengaruh Letak Turki Bagi Kehidupan Masyarakatnya

Letak dari Turki ini secara langsung akan memberikan pengaruh bagi kehidupan masyarakat yang ada di sana. Karena dilihat dari hal ini, kehidupan masyarakat Turki akan dipengaruhi oleh dua budaya besar dunia yang saling bertolakbelakang yaitu budaya barat dan budaya Timur yang menujukan keislamannya.

Pengaruh yang sangat kentara ini adalah munculnya dua kelompok manusia. Satu kelompok adalah kelompok di mana mereka ingin mempertahan budaya yang ada di Turki. Budaya ini adalah peninggalan dari buadaya Islam di mana memang Turki adalah pusat dari pemerintah Islam Ustmaniyah.

Di sisi lain, ada kelompok yang ingin meninggalkan budaya ini dengan melihat adanya budaya Barat. Mereka lebih senang dan berkeinginan untuk memakai budaya Barat.

Dari dua fakta ini maka memang akan terjadi eksistensi dua budaya di Turki yang memang berada di dua wilayah benua. Inilah bagaimana kita menjawab, Turki ada di benua apa? Semoga setelah membaca artikel berikut ini pengetahuan kita tentang negara Turki akan semakin banyak, mengingat Turki merupakan negara yang wajib diketahui dan dikunjungi.

Selanjutnya : Pilihan Obyek Jalan-jalan ke Cibubur
Sebelumnya: Isi Metode Penulisan dalam Laporan Karya Ilmiah?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar