Kesederhanaan Ucapan Selamat atas Baptisan Anak


Bagi umat Kristiani momen melakukan pembaptisan bagi anaknya adalah momen kebahagiaan, apalagi saat ucapan selamat atas baptisan anak. Ada persiapan khusus memang saat ingin melakukan pembaptisan, karena mengundang beberapa rekan, tentu ada persiapan seperti menjamu tamu untuk makan, selain itu akan ada doa syukur karena telah selesai melakukan pembaptisan.

Namun,  ada juga pembaptisan dilakukan dengan menyelenggarakan pesta setelah pembaptisan selesai dilakukan. Namun kali ini penulis ingin membahas mengenai pembaptisan anak yang dilakukan secara sederhana.

Baptisan Anak

Menilai dari seluruh rakyat Indonesia yang sangat terpuruk karena perekonomian Indonesia yang tidak merata, maka penulis ingin melihatnya dari segi ekonomi, tentunya dengan adanya pesta akan mengalami pemborosan, namun dengan merayakan pembaptisan secara sederhana akan mendapat nilai kebaikan juga.

Perayaan pesta memang kerap dilakukan bagi umat Kristiani karena momen pembaptisan anak tidak terjadi setiap hari, namun dengan momenini dengan dilaksanakannya pesta akan bertemu kembali dengan saudara dan teman-teman sehingga membawa kebaikan, yang terpenting tujuan dan niatnya adalah baik untuk ibadah dalam rangka membaptis sang anak yang suci.

Biasanya umat Kristiani melakukan pembaptisan di gereja dengan dipimpin oleh seorang pendeta. Setelah melakukan pembaptisan akan melakukan makan-makan, namun bagi orang yang sederhana tidak akan menyelenggarakan pesta, biasanya orang Manado dan Batak yang sering menyelenggarakan pesta pada perayaan pembaptisan anak mereka.

Ucapan selamat atas pembaptisan anak akan teriring oleh rekan-rekan mereka, akan ada kebahagiaan bagi keluarga yang membaptis anaknya, karena lahirnya anak yang suci. Setelah acara makan secara sederhana akan dilanjutkan dengan mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan oleh keluarga tersebut, dengan doa bersama dalam keluarganya.Dan tentu doa agar si anak menjadi seseorang yang terbaik dan tumbuh menjadi orang yang taat akan agamanya.

Bagi keluarga yang sederhana merayakan perayaan pembaptisan anak dengan pesta besar-besaran bukanlah hal yang utama, bagi sebuah keluarga sederhana dengan pembaptisan mengartikan bahwa Tuhan sudah resmi bertanggung jawab terhadap anaknya, dan bagi mereka itu sudah cukup.

Semoga pembahasan ini dapat memberikan inspirasi untuk umat Kristiani, bahwa arti dari pembaptisan sang buah hati bukan terletak pada berapa besar perayaan. Namun kekhusyukan pembaptisan itu sendiri, dan sudah ada Tuhan yang mengenggam hidup sang buah hati.

Selanjutnya : Penggunaan Bahasa yang Tepat dalam Surat Resmi
Sebelumnya: Kandungan Pesan Sholat Jumat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar