Deskripsi Ucapan Selamat Pernikahan Dalam Bahasa Arab


Ucapan selamat pernikahan dalam bahasa Arab biasanya identik dengan agama Islam. Namun ternyata ada dua bahasa yang diucapkan, yaitu bahasa yang diucapkan oleh bangsa Jahiliyah dan juga yang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW. Dari kedua pembahasan ini sangat menarik jika kita membahasnya.

Saat itu pernah terjadi pernikahan, dan Kaum Jahiliyah dalam bahasa Arab menganjurkan untuk mengucapkan birafa’ wal banin yang artinya semoga mempelai murah rezeki dan banyak anak. Namun Nabi Muhammad melarang mengucapkan kata itu, tetapi memberikan bahasa yang lebih baik yaitu barakallahulakum wa Baraka ‘alaiykum. Arti yang disebutkan oleh Nabi Muhammad menurut sumber yang penulis ambil tidak disebutkan, namun di sini menunjuk pada kata baraka, yang bisa artinya berkah. Berkah dan rezeki memang hampir sama.

Berkah dan rezeki ada dua kata yang dapat mengartikan mendapat harta yang banyak, namun ketika merujuk pada kata berkah berarti itu adalah merujuk kepada Sang Ilahi, sehingga di sini seolah menekankan apapun yang kita lakukan termasuk dalam pernikahan harus ada nama Allah yang menyertainya agar kita tetap ingat dan selamat dunia akhirat, dan dalam pernikahan kita terus dilindungi olehNya.

Dengan melihat arti Kaum Jahiliyah, yang lebih menekankan pada arti banyak rezeki, mengartikan suatu ketamakan akan harta, padahal harta datangnya dari Tuhan semesta alam, yaitu Allah. Sedangkan Kaum Jahiliyah tidak meletakkan nama Ilahi sebagai sumber rezeki. Selain itu Kaum Jahiliyah juga hanya menekankan pada banyak anak. Banyak anak banyak rezeki untuk mengerti di zaman sekarang adalah tergantung, bagaimana kita membesarkan anak tersebut.

Ucapan selamat pernikahan dalam bahasa Arab juga berarti doa. Jangan sampai ucapan yang berarti doa itu dapat memberi keburukan untuk pernikahan pasangan. Dalam mengucapkan doa dalam bahasa Arab kita sebagai umat muslim yang luas tentu harus mengetahui apa arti yang kita ucapkan, apalagi sekarang berbagai cara dari pihak tertentu yang memalsukan tulisan dengan menggunakan bahasa.

Padahal bahasa Arab identik dengan muslim, sedangkan semua yang berbahasa Arab tidak semuanya muslim. Maka itu kita harus tahu dahulu apa artinya baru kita mengaminkan. Semoga pemahaman tentang bahasa Arab dapat kita pahami dan mengerti tujuannya adalah doa

Selanjutnya : Deskripsi Ucapan Selamat Pagi Bahasa Inggris dan Artinya
Sebelumnya: Heli Tempur Buatan Negara Cina dan Jepang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar