Ukuran Lapangan Terbaru Sepak Bola


Ukuran lapangan terbaru sepak bola pada saat ini adalah panjang 90-120 meter dan lebar 45-90 meter. Penentuan ukuran standar lapangan sepak bola ini ditentukan oleh Badan Sepak Bola Internasional atau FIFA. Dalam aturan FIFA tersebut, perbandingan antara panjang dan lebar lapangan sepak bola adalah 2:1. Jadi, jika panjang lapangan tersebut adalah 90 meter, maka lebarnya adalah 45 meter.

Selain ukuran panjang dan lebar, FIFA juga sudah menentukan ukuran gawang sepak bola.  Dalam aturan FIFA, lebar gawang yang sudah ditetapkan adalah 7,3 meter dengan tinggi 2,4 meter. Gawang terletak dalam sebuah wilayah yang disebut kotak penalti.

Kotak penalti merupakan sebuah wilayah dimana seorang penjaga gawang memiliki keleluasaan untuk memegang bola menggunakan kedua tangannya. Dalam kotak penalti ini juga terdapat peraturan khusus. Apabila pemain lawan dilanggar dalam wilayah tersebut, akan diberikan hukuman kepada tim yang melakukan pelanggaran berupa tendangan penalti.

Tendangan penalti adalah sebuah tendangan yang dilakukan dalam jarak 11 meter dari gawang. Pada saat melakukan tendangan, pemain bisa menendang dengan bebas dari titik penalti. Tidak boleh ada halangan dari pemain lawan, kecuali kiper yang ada di bawah mistar gawang.

Ukuran kotak penalti ini sudah ditentukan. Ukuran kotak penalti panjangnya adalah 40-45 meter dan lebar 16-19 meter. Di bagian tengah lapangan sepak bola, terdapat kawasan yang disebut sebagai garis lingkaran tengah. Wilayah ini juga dikenal sebagai kick off area karena awal permainan sepak bola akan dimulai dari area tersebut.

Pada area ini, terdapat sebuah bagian yang berbentuk titik tepat pada bagian tengah lingkaran. Di titik inilah, permainan sepak bola akan dimulai, baik ketika pertandingan baru dimulai atau ketika terjadi gol.  Ukuran garis tengah memiliki diameter 9,15 meter.

Selain itu, di bagian pinggir lapangan juga harus terdapat beberapa bagian tambahan. Misalnya saja, disedikan tempat untuk pemain cadangan, baik untuk tim tuan rumah maupun tim tamu. Ruangan untuk ganti pakaian juga harus disediakan sebagai kelengkapan fasilitas dalam permainan.

Selanjutnya : Mewujudkan Kesehatan dan Keselamatan Mengelas
Sebelumnya: Berat Tubuh Ideal pada Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar