Standar Ukuran Meja Billiard


 

Standar ukuran meja billiard menjadi pilar penting dalam mendukung permainan billiard. Sebagai salah satu cabang olahraga yang memerlukan konsentrasi penuh, permainan ini harus dimainkan pada meja peralatan bantu khusus. Dalam bermain billiard juga dibutuhkan stamina fisik memadai, mental yang kuat, serta taktik yang tepat dalam melancarkan serangan terhadap lawan main. Oleh karena itu, dalam permainan billiard ada aturan main tersendiri.

Tentang Billiard

Permainan ini dapat dilakukan dalam duel perorangan ataupun kelompok beregu. Sebut saja jenis-jenis permainan dalam billiard adalah Carom, Pool serta English Billiard. Bola billiard terbagi menjadi beberapa nomor yaitu bola 9, bola 8, dan bola 15. Meja billiard terbuat dari batu granit hitam. Fungsinya untuk mengantisipasi terjadinya tonjolan-tonjolan yang tidak diharapkan serta menjaga bentuk meja agar tidak berubah disebabkan udara yang lembab.

Billiard di Indonesia

Masyarakat Indonesia kian giat mengembangkan permainan billiard jenis Pool sejak tahun 2008. Selama ini, olahraga billiard identik dengan dunia lelaki. Lihat saja, kerap dijumpai billiard dengan keramaian anak muda nongkrong bersama sebagai ajang gaul di sudut kafe. Namun, seiring waktu berjalan, citra billiard sebagai olahraga bidang rekreasi mulai dikenal meluas apalagi sudah bisa menghasilkan prestasi.

Standar Ukuran Meja Billiard

Ukuran meja billiard memiliki ukuran panjang dua kali dari lebarnya. Pengukuran meja dalam satuan kaki (foot), yaitu 9 kaki, 8 kaki, dan 7 kaki. Permukaan bermain billiard adalah empat persegi panjang berasio 2 : 1.

Dimensi Meja

  • Kaki meja 9 memiliki permukaan meja bermain 100 inci, besar 50 inci (254cm x 127 cm) dengan 1/8 inci (3.175 mm).
  • Kaki meja 8 permukaan meja bermain adalah 92 inci sebesar 46 inci (233,68 cm x 116,84 cm).

Ini adalah dua ukuran yang digunakan dalam turnamen Dunia – Worl Pool Billard Association.

  • Kaki meja 7 permukaan meja bermain adalah 76 inci dengan 38 inci ( 193,04 cm x 96,52 cm)

Mengapa meja billiard yang dipakai untuk permainan umumnya ukuran 8 kaki ? Karena lebih mudah dengan pengaturan ruang serta kenyamanan. Sementara itu, jika dipakai untuk kepentingan pribadi, semisal untuk dipasang dalam ruma, biasanya lebih sering memakai yang ukuran 7 kaki karena tidak memerlukan banyak space.

Olahraga billiard sendiri merupakan olahraga yang cukup digemari oleh banyak kalangan. Selain itu, olahraga ini juga termasuk ke dalam olahraga yang dipertandingkan dalam ajang olahraga internasional.

Demikian uraian sederhana tentang standar ukuran meja billiard yang bisa dijadikan pedoman dalam bermain billiard. Semoga bisa memberikan manfaat.

Selanjutnya : Profil Universitas Pancasila Jurusan Farmasi
Sebelumnya: Budaya dan Ukiran Kalimantan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar